Soundtrack Of The Year: "Ratusan Purnama" (Melly Goeslaw featuring Marthino Lio dari film Ada Apa Dengan Cinta 2)

Wayan Diananto | 31 Desember 2016 | 02:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebelum menonton film Ada Apa Dengan Cinta 2, ada satu pertanyaan yang paling mendasar dan saya yakin ini pertanyaan semua orang: setelah 14 tahun berlalu akankah Rangga dan Cinta akhirnya bersatu? Saya bertanya-tanya lalu mencoba mendengarkan soundtrack "Ratusan Purnama" berulang-ulang. Lalu, perhatian saya tertuju pada larik-lirik berikut ini:

Ratusan purnama cinta kita kembali lagi
Ratusan purnama cinta kita kembali

Persis di ujung lagu, saya mendapat isyarat. Saya mendapat rasa optimistik setelah 14 tahun (beneran 14 tahun karena saya menonton AADC? di bioskop ketika kelas 3 SMA-red) menanti. Saat itulah saya menyadari letak kejeniusan Melly dalam menulis soundtrack ini. Ia sebenarnya membocorkan cerita film, lebih tepatnya akhir cerita film ini namun penonton tidak merasa kisah film ini telah bocor.

Saya pun masih menduga-duga lirik buatan Melly ini benar-benar mengambir sari skenario atau sekadar meraba-raba plot. Saat menonton filmnya, barulah saya sadar "Ratusan Purnama" bukan sembarang soundtrack.

Ia mewakili sebuah film. Melanjutkan cerita cinta yang legendaris. Berbeda dengan lagu "Ada Apa Dengan Cinta?", "Ratusan Purnama" bagi saya bukan lagu yang mudah dicintai. Bukan lagu yang sekali dengar langsung membuat kita jatuh hati. Perlu beberapa kali mendengar, baru kemudian kita tahu dimana titik asyik lagu ini.

Nomor ini kemudian melegetimasi status Melly Goeslaw dan Anto Hoed sebagai ratu dan raja soundtrack. Ratusan Purnama berlalu sejak album "Ada Apa Dengan Cinta?" terjual lebih dari 600 ribu kopi, lagu ini menjadi penanda babak akhir drama Cinta dan Rangga (yang kata Trian tunangannya Cinta) legendaris itu.

 

(wyn/gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait