Film Tahun Ini: Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak (Mouly Surya)

Wayan Diananto | 31 Desember 2017 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah insiden penebasan kepala itu terjadi, kita melihat dataran tandus yang tampak memesona berkat bidikan kamera Yunus Pasolang. Tepat di tengah-tengah, ada sebatang pohon yang meranggas. Pohon itu sendirian. Lalu kita melihat dari jauh, Marlina (Marsha Timothy) melenggang membawa potongan kepala si pemerkosa.

Itulah momen Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak yang membuat kami tercekat. Gambar Yunus tak sekadar indah. Ia berbicara saat adegan digulir tanpa kata. Tak hanya gambar, musik yang digubah Zeke Khaseli menyadarkan kita bahwa ada yang tidak beres dalam hidup dan kejiwaan Marlina.

Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, sebuah produksi yang terkonsep, rapi dalam eksekusi, dan tidak kehilangan makna saat disunting. Alhasil, ia menjadi suguhan dengan elemen-elemen teknis yang kompak, tidak memihak, dan membuat kita terperenyak.

Marlina Si Pembuhnuh Dalam Empat Babak kembali memperlihatkan visi yang jelas dari seorang Mouly Surya setelah Fiksi (2008). Inilah momen terbaik di bioskop tahun ini. Ia memberi pengalaman sinematik yang eksentrik dengan tema maupun konflik yang jauh dari kesan generik. Dengan kata lain, Marlina memang harus ada di bioskop kita. Titik.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait