Menginginkan Lebih Banyak Cuan dari Twitter, Elon Musk Lakukan Hal ini

Indra Kurniawan | 5 Februari 2023 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejak sebelum Elon Musk membeli Twitter, verifikasi hanya diberikan kepada orang-orang yang memiliki relevansi di jejaring sosial, seperti artis, politisi, dan mereka yang memiliki ribuan pengikut, tetapi dengan banyak interaksi.

Tidak sembarang orang bisa memiliki tanda verifikasi yang melegitimasi pemilik akun. Namun sejak mengakuisisi Twitter, Elon Musk mencari segala cara untuk mencari keuntungan.

Salah satunya memutuskan untuk tidak lagi menggratiskan segel verifikasi akun, yaitu dengan mengenakan biaya 8 dolar AS per bulan atau sekira 120 ribu rupiah untuk orang biasa. 

Kini, target barunya adalah perusahaan, merek, dan korporasi yang memiliki akun di media sosial berlogo burung warna biru. Musk mengumumkan akun bisnis masih dapat memiliki tanda centang tetapi dengan biaya 1.000 dolar AS atau sekira 15 juta rupuah per bulan.

Selain itu, verifikasi akun afiliasi akan dikenai biaya 50 dolar AS atau 754 ribu rupuah per bulan. Yang terakhir adalah merek yang terkait dengan perusahaan lain pada umumnya.

Pakar media sosial, Matt Navarra, membagikan tangkapan layar surel yang diduga dari Twitter yang mengonfirmasi langganan bulanan baru. Sejauh ini ada Twitter Blue, di mana Anda membayar 8 dolar AS per bulan untuk mendapatkan tanda centang dan akses ke alat lain, plus Anda akan memiliki lebih sedikit iklan di linimasa dan tweet Anda akan muncul lebih menonjol di linimasa.

Untuk bisnis, Musk menerapkan tanda centang emas, dan juga mengumumkan bahwa mereka yang berlangganan Twitter Blue akan dapat mengakses pendapatan iklan.

"Mulai hari ini, Twitter akan membagi pendapatan iklan dengan kreator untuk iklan yang muncul di utas balasan mereka," cuit Musk. "Agar memenuhi syarat, akun harus berlangganan Twitter Blue Verified," lanjutnya.

Semua akun yang mendapatkan tanda centang Biru Terverifikasi bertahun-tahun yang lalu akan kehilangan tanda tersebut dalam beberapa bulan mendatang kecuali mereka berlangganan sistem berbayar.

"Twitter Blue Verified sayangnya sangat rusak, sehingga akan punah dalam beberapa bulan," kata Musk.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait