5 Daftar Perlengkapan Rumah Tangga yang Harus Dijaga Kebersihannya

Infomercial | 18 April 2024 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menjaga kebersihan rumah tangga merupakan hal yang penting untuk kesehatan, kebersihan dan kenyamanan penghuninya termasuk penilaian tamu yang berkunjung. Rutin membersihkan barang di rumah juga bisa memperpanjang usia pemakaian.

Berikut perlengkapan rumah tangga yang harus dijaga kebersihannya:

1. Peralatan Dapur

Menjaga kebersihan peralatan dapur bukan hanya tentang estetika, tetapi juga memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan dan keamanan. Beberapa barang yang bisa Anda bersihkan secara rutin, di antaranya:

Kompor dan Oven

Ketika sering digunakan, kompor dan oven tidak lepas dari penumpukan lemak dan kotoran. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sabun cuci piring dan sikat khusus.

Kulkas

Buang makanan yang sudah tidak layak konsumsi dan bersihkan tumpahan makanan yang ada di dalam kulkas. Bagian luar kulkas yang berdebu juga bisa Anda bersihkan dengan lap kering.

Microwave

Bersihkan bagian dalam dan luar microwave secara rutin. Gunakan lap basah untuk membersihkan dan sabun cuci piring untuk membersihkan bagian luarnya. Bagian dalamnya, Anda bisa gunakan spons atau lap, jangan lupa untuk mencabut kabelnya saat membersihkan Microwave.

Alat Makan dan Minum

Cuci alat makan dan minum beberapa saat setelah Anda gunakan. Gunakan sabun cuci piring dan spons untuk membersihkannya. Alat cuci piring yang sudah 1 minggu tidak terpakai juga baiknya Anda bersihkan sebelum digunakan.

Dengan menjaga kebersihan peralatan dapur secara rutin, Anda dapat menciptakan dapur yang sehat, aman, dan nyaman untuk digunakan Anda sekeluarga.

2.  Perlengkapan Kamar Mandi

Menjaga kebersihan perlengkapan di kamar mandi memiliki banyak manfaat yang berhubungan dengan kesehatan dan keamanan. Namun, saat membersihkannya peralatan di kamar mandi, sebisa mungkin kenakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan Anda dari berbagai kuman serta bahan kimia sabun. Beberapa peralatan di kamar mandi yang bisa Anda bersihkan secara rutin:

Wastafel

Bila tidak dibersihkan, wastafel bisa mampet dan itu cukup menjengkelkan. Anda bisa menggunakan spons untuk membersihkan sisi luar dan kabel spiral (snaking tool) untuk menjangkau serta membersihkan sumbatan yang lebih dalam di bagian tengah saluran air.

Bak Mandi

Bak mandi merupakan tempat Anda menampung air untuk digunakan ketika mandi. Namun, bak mandi yang kotor dan berkerak dapat mengurangi kenyamanan dan berpotensi menjadi sumber bakteri.

Dalam membersihkannya, Anda bisa menggosok seluruh permukaan bak mandi dengan spons atau kain microfiber yang sudah dibasahi air sabun. Pastikan untuk membersihkan semua sudut dan celah, termasuk area di bawah keran dan pegangan shower.

Rak Kamar Mandi

Rak kamar mandi merupakan tempat yang sering terkena air. Terlebih ada berbagai perlengkapan mandi seperti shampo, sabun, pasta gigi, sikat gigi dan peralatan lainnya, sehingga mudah kotor dan berjamur.

Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan lap atau spons yang dibasahi dengan air sabun, tapi pastikan Anda telah mengosongkan rak terlebih dahulu.

Cermin

Cermin kamar mandi yang kusam dan penuh noda dapat mengganggu pandangan dan tidak nyaman ketika digunakan. Anda dapat membersihkan cermin kamar mandi secara rutin dengan microfiber yang lembab.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan menerapkan tips di atas, Anda dapat menjaga kebersihan peralatan kamar mandi secara rutin. Sehingga, menciptakan kamar mandi yang sehat, aman, dan nyaman untuk digunakan.

3. Perlengkapan Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan area menyambut orang lain yang berkunjung ke rumah Anda, jadi kebersihan perlengkapan di area ini adalah hal yang penting untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Terlebih, area ini juga merupakan tempat kumpul keluarga. Berikut beberapa barang yang bisa Anda bersihkan secara rutin, yaitu:

Sofa

Sofa yang kotor dan berdebu dapat mengurangi kenyamanan dan menjadi tempat bersarangnya tungau debu. Sebelum membersihkan, periksa label perawatan yang tertera pada sofa Anda. Label ini biasanya memberikan instruksi khusus tentang cara membersihkan sofa, seperti bahan pembersih yang boleh digunakan dan suhu air yang dianjurkan.

Sebisa mungkin, gunakan vacuum cleaner dengan attachment khusus sofa untuk membersihkan debu, remah-remah makanan, dan kotoran lainnya dari seluruh permukaan sofa,

Meja dan Kursi

Menjaga kebersihan meja dan kursi adalah hal yang penting untuk menciptakan suasana yang nyaman dan higienis. Gunakan kain lap microfiber yang kering untuk membersihkan debu dari permukaan meja dan kursi. Pastikan untuk membersihkan semua sudut dan celah.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menjaga peralatan ruang tamu tetap bersih, bebas debu, dan terasa nyaman untuk berkumpul dengan keluarga maupun kerabat.

4. Perlengkapan Kamar Tidur

Kamar tidur merupakan tempat untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Menjaga kebersihan kamar tidur sangat penting untuk menciptakan suasana yang nyaman saat beristirahat. Berikut ini, beberapa perlengkapan tidur yang Anda harus jaga kebersihannya, yaitu:

Kasur

Kasur yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya tungau debu, jamur, dan bakteri yang dapat menyebabkan alergi, penyakit pernapasan, dan iritasi kulit. Padahal, aktivitas Anda di rumah, sebagian besar digunakan untuk beristirahat di sini. Jadi, pastikan untuk membersihkan semua sudut dan celah, termasuk bagian bawah kasur.

Anda bisa menggunakan vacuum cleaner dengan attachment khusus kasur untuk membersihkan debu dan kotoran dari seluruh permukaan kasur. Jika Anda memiliki sikat kasur, Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan debu dan kotoran yang membandel.

Seprai dan Sarung Bantal

Seprai dan sarung bantal merupakan bagian penting dari tempat tidur yang bersentuhan langsung dengan tubuh Anda. Ganti seprai dan sarung bantal secara rutin, minimal seminggu sekali, lalu Anda bisa cuci dengan air hangat serta deterjen secukupnya.

Kamar dan perlengkapan tidur yang bersih, bisa menunjang kualitas dan kenyamanan istirahat Anda sekeluarga. Di sisi lain, Anda tidak perlu khawatir akan potensi gangguan kesehatan yang disebabkan oleh berbagai kuman.

5. Barang Elektronik dan Perlengkapan Lainnya

Berbagai barang elektronik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari AC, kipas angin, televisi, dan berbagai peralatan elektronik lain. Kebersihan barang elektronik tidak hanya mempengaruhi estetika dan kesehatan, tetapi juga dapat memperpanjang usia pakainya dan mencegah kerusakan.

Air Conditioner (AC)

AC (Air Conditioner) yang kotor dapat mengurangi kemampuannya dalam mendinginkan ruangan, sehingga berpotensi merusak beberapa komponen AC. Disisi lain, juga bisa menghambat aliran udara bersih dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Namun, sebelum Anda mulai membersihkan AC, pastikan untuk mematikan AC dan mencabut kabel listriknya. Hindari juga menyemprotkan air langsung ke bagian dalam AC, karena dapat menyebabkan korsleting.

Cari tahu lokasi filter AC pada unit indoor AC Anda. Biasanya filter AC terletak di balik panel penutup yang mudah dilepas. Lepaskan filter AC secara perlahan dan gunakan vacuum cleaner dengan attachment khusus debu untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada filter AC. Bila Anda ragu, Anda bisa menggunakan jasa layanan profesional untuk membersihkan AC rumah Anda.

Kipas Angin

Kipas angin yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya debu, jamur, dan bakteri, sehingga dapat membahayakan kesehatan. Gunakan kain lap microfiber yang dibasahi air hangat dan sabun cuci piring cair untuk membersihkan baling-baling kipas angin.

Televisi

Debu dan kotoran dapat menumpuk pada layar televisi dan membuatnya buram. Gunakan kain microfiber yang lembut dan bersih untuk membersihkan layar televisi. Hindari penggunaan kain kasar atau tisu basah, karena dapat merusak permukaan layar.

Harap diingat, selalu baca buku panduan pengguna sebelum membersihkan barang elektronik Anda. Jadi, Anda dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi saat proses membersihkan peralatan-peralatan elektronik tersebut.

Penulis : Infomercial
Editor: Supriyanto
Berita Terkait