4 Susu Nabati Rendah Lemak yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

Alam Mary | 26 April 2024 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mengonsumsi susu lebih dari sekadar keinginan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Kebanyakan orang mengonsumsi susu karena memberi rasa nikmat di lidah. Sebuah pilihan minuman yang menyenangkan dan nyaman. Terutama jika dibanding minuman manis berbahan dasar sirup atau teh yang kadang membuat gatal tenggorokan.

Akan tetapi, tidak semua perut cocok mencerna susu yang mayoritas sumbernya hewani. Penyebabnya karena memang alergi atau bisa juga karena laktosa intoleransi. Maka susu nabati atau yang sumbernya dari tumbuhan bisa jadi pilihan alternatif untuk mereka yang tetap menginginkan kenikmatan mengonsumsi susu.

Kelebihan dari susu nabati, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Yuk, simak apa saja pilihan susu nabati yang bisa dinikmati Anda, anak-anak, dan keluarga.

1. Susu almond

Dibuat dari campuran kacang almond dan air, susu almond akan menjadi minuman rendah lemak dan rendah kalori. Tambahkan vitamin dan mineral seperti kalsium dan Vitamin D untuk memperkaya manfaat susu almond. 

2. Susu kedelai

Susu kedelai termasuk yang paling populer dan sudah banyak produknya juga di pasaran. Tapi Anda masih bisa membuatnya sendiri di rumah. Susu kedelai atau soya akan menjadi susu kaya protein yang nikmat dikonsumsi setiap hari.

3. Susu havermut

Bosan menikmati havermut atau oat yang hanya diseduh air panas? Maka Anda bisa mengolah stok havermut menjadi susu yang nikmat. Susu havermut akan menjadi susu bebas kolesterol dan rendah lemak. Teksturnya yang creamy makin nikmat saat dicampur kopi, dijadikan kuah sereal atau untuk bahan tambahan membuat kue dan roti.

4. Susu beras

Beras putih yang ukurannya panjang dan besar atau biasa disebut beras pera, bagi sebagian orang tidak terlalu enak dimasak menjadi nasi. Namun beras jenis ini dapat diolah menjadi susu beras yang nikmat, bebas kolesterol dan bebas lemak. Sebagai bonus, susu beras juga mengenyangkan dan bisa membantu program diet penurunan berat badan.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait