Kenalan dengan 20 Hantu yang Ada di Indonesia 

Redaksi Minggu, 31 Oktober 2021 13:00:17
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Pada akhir Oktober, beberapa negara kerap merayakan Halloween. Perayaan ini diperingati sebagai bentuk kepercayaan terhadap kekuatan roh-roh jahat setelah mereka mati.  Namun, di Indonesia, perayaan seperti ini bisa dibilang masih tabu, dan tidak banyak dijadikan selebrasi atau perayaan khusus. Meski begitu, Indonesia memiliki banyak hantu yang jika disebutkan semua, mungkin ada puluhan jenis. 

Mau tahu hantu-hantu apa saja yang ada di Indonesia? Berikut ini 30 daftarnya: 

1.    Akar Mimang (Jawa) 

Tidak banyak yang tahu wujud Akar Mimang-Jawa. Namun ada yang menyebut kalau ditemukan  ada orang yang berjalan jalan di hutan tapi terasa diputar-putra, konon katanya orang tersebut sedang melewati akar mimang.

2.    Banyu (Samarinda) 

Hantu jenis ini merupakan hantu sungai yang bisa berwujud apa saja. Dia biasanya datang untuk mengganggu atau menakuti orang-orang yang sedang mandi di sungai.

3.    Hantu Jeruk Purut (Jakarta) 

Hantu Jeruk Purut merupakan hantu pendeta tanpa kepala. Hantu ini biasanya menampakan diri di sekitar Tempat Pemakaman Umum, (TPU). Oleh karena itu dinamakan Hantu Jeruk Purut. 

4.    Jerangkong (Jawa) 

Hantu Jerangkong merupakan  hantu berwujud tulang belulang manusia yang hidup.

5.    Jurig Jarian (Jawa) 

Hantu jenis ini juga tidak banyak yang mengetahui wujudnya. Ia biasanya banyak menempati lokasi tempat pembuangan sampah. 

6.    Hantu Kemamang (Jawa) 

Hantu ini berwujud seperti layaknya bola api. Dia juga kerap muncul dengan wujud melayang, seperti bola api yang suka ada di pesantren. 

7.    Oreng Pote (Bawean) 

Hantu ini memiliki wujud seperti manusia, akan tetapi tubuhnya berwarna putih pucat seperti mayat pada umumnya. 

8.    Palasik (Minangkabau) 

Palasik merupakan hantu  berwujud badan dan kepala yang terlepas, sehingga ia hanya melayang-layang di Atas. Biasanya hantu jenis ini menargetkan orang hamil sebagai tempat ia mencari makan. 

9.    Reng Tua Malem (Madura) 

Reng Tua Malem merupakan hantu berwujud orang tua yang sedang merokok dan berjalan di malam hari. Usut punya usut, seseorang yang bisa mengambil rokok miliknya bakal menjadi orang yang sakti. 

10.    Tuyul (Jawa) 

Tuyul merupakan hantu berwujud  anak kecil berkepala botak. Ia tidak memakai baju alias telanjang, tapi hanya memakai celana dalam saja. Konon orang yang mencukur alis miliknya bakal bisa melihat tuyul. 

11.    Bayi Trek (Jawa) 

Hantu ini berasal dari arwah bayi-bayi yang orang tuanya mengalami keguguran. Bayi Trek umumnya berwujud belalang besar berkepala bayi. Kemunculannya biasanya akan diikuti dengan suara kayu yang jatuh. 

12.    Genderuwo 

Genderuwo merupakan hantu yang suka menggoda wanita, khususnya istri yang sedang ditinggal suaminya pergi. Hantu ini bisa menjadi sosok yang sama seperti suaminya apabila si perempuan memakai pakaian milik suaminya. Genderuwo biasanya berbadan besar, berkulit hitam dan berbulu lebat. 

13.    Begu Ganjang (Sumatrera Utara) 

Begu Ganjang merupakan hantu yang dipelihara dengan tujuan ingin menjadi kaya raya.  Namun terdapat syarat khusus yang harus dipenuhi yakni harus ada nyawa yang dikorbankan alias menjadi tumbal. 
 
14.    Banaspati (Jawa) 

Banaspati adalah hantu yang kerap berjalan dengan kedua tangan. Selain itu, biasanya tubuh hantu jenis ini terbalik dan disertai dengan api.

15.    Kuyang (Kalimantan) 

Kuyang adalah  hantu  berwujud siluman, tapi berkepala manusia. Biasanya isi tubuh Kuyang akan menempel tanpa kulit, lengkap dengan anggota badan lainnya. Kuyang juga sangat suka menghisap darah wanita yang sedang atau baru saja hamil.

16.    Mbah Jenggot (Jawa) 

Mbah Jenggot merupakan jin pesugihan yang bentuknya menyerupai kakek tua dan tentu saja berjenggot panjang. Panjang jenggotnya biasanya sampai perut. 

17.    Hantu Bengkek (Ketapang) 

Hantu Bengkek adalah hantu yang biasanya ditemui di sungai. Wujudnya berkepala botak dan memiliki tangan yang panjang sebelah. 

Namun, Hantu Bengkek juga memiliki tangan kanan yang tidak sekuat tangan kirinya. Barang siapa yang ingin mengusir hantu ini, ia harus melemparkan telur ayam kampung ke arah hantu tersebut. 

18.    Welthok (Surabaya) 

Welthok merupakan hantu bertubuh kecil, yang di bagian kepalanya tak memiliki  tempurung, tapi terdapat  bara api. Hantu ini seringkali mencari udang di tepi sungai. Udang yang akan dimakan, kemudian dibakar dulu di atas kepalanya.

19.    Pulung Gantung (Gunung Kidul) 

Pulung Gantung adalah hantu berwujud bola api yang melayang. Siapapun yang melihat hantu ini artinya ia akan mendapatkan pertanda buruk.  Apabila hantu ini berputar-putar di atas rumah, alhasil penghuninya akan mati gantung diri.

20.    Suwanggi (Papua) 

Suwanggi merupakan hantu yang berasal dari Papua yang bentuknya berupa sosok bayangan hitam dan memiliki mata berwarna merah.


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore