Demo 4 November, Beberapa Kantor Injinkan Karyawannya Pulang Lebih Awal

TEMPO | 4 November 2016 | 14:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Demo 4 November, sejumlah kantor swasta di kawasan Jakarta Pusat memilih memulangkan pekerja lebih cepat dari biasanya. Istania Lelyana, karyawati PT Accor Indonesia, mengatakan hari ini seluruh pekerja di kantornya pulang lebih awal. "Jam 12.00 sudah boleh pulang," kata perempuan berusia 26 tahun ini kepada Tempo, Jumat, 4 November 2016.

Kantor Accor Indonesia terletak di Wisma BNI 46, Jakarta Pusat. Istani mengatakan pemberitahuan itu dikirim melalui surat elektronik dari perusahaan kepada seluruh karyawan.

Dalam surat elektronik yang dikirim kemarin itu, diberitahukan bahwa demi keamanan dan menghindari kemacetan terkait dengan demonstrasi yang digelar hari ini, maka manajemen perusahaan mengambil kebijakan bekerja setengah hari saja. "Biasanya pulang sore. Tapi khusus hari ini jadi pulang jam 12.00," tutur Istania.

Beda lagi dengan Lusi, karyawati PT Siemens Indonesia. Dia mengatakan kantornya mengambil kebijakan agar pekerjanya bisa bekerja dari rumah. Disebutkan dalam e-mail pemberitahuan bahwa kantor Siemens yang berada di Arkadia, Jakarta Selatan dan Pulomas, Jakarta Timur tutup pada 4 November.

Demonstrasi hari ini tak hanya berdampak pada pekerja saja, Metha, ibu rumah tangga berusia 26 tahun yang tinggal di Bekasi memilih meliburkan anaknya, Tabitha, dengan alasan keamanan. Tabitha, berusia 5 tahun sekolah di paud di kawasan Harapan Indah, Bekasi. "Ngeri aja mau ke mana-mana. Mending di rumah dulu sampai situasi kondusif," katanya.

Hari ini, ratusan ribu umat muslim menggelar aksi demonstrasi terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Demonstrasi itu menuntut agar Ahok dapat diproses secara hukum tanpa adanya intervensi dari pihak manapun.

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait