Pascarehabilitasi Narkoba, Roger Danuarta: Saya Menemukan Kehidupan yang Lebih Baik

Wayan Diananto | 1 April 2017 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Apa kabar Roger Danuarta (34)? Bintang sinetron 7 Manusia Harimau ini pekan lalu muncul di muka publik. Dalam sesi wawancara empat mata dengan tabloidbintang.com, Roger Danuarta mengaku sudah menyelesaikan rehabilitasi dari ketergantungan narkoba sejak dua tahun lalu. Ia kini lebih sehat, berat badannya menjadi lebih ideal.

“Saya merasa lebih sehat dan lebih baik. Saya menemukan kehidupan yang lebih baik,” beri tahu Roger di sela konferensi pers peluncuran enam program baru RTV, pekan ini. Ia mengatakan, sebenarnya ketergantungan narkoba hanya satu dari sekian banyak penyakit sosial masyatrakat kita. 

“Adiksi itu tidak hanya dengan narkoba. Kita mengenal istilah sexual addiction, money addiction, game addiction, power addiction, dan lain-lain. Hal-hal seperti itu mengubah cara pikir dan kebiasaan kita tanpa disadari. Mohon kita lebih berhati-hati. Mawas diri,” Roger mengingatkan.

Khusus untuk ketergantungan narkoba, pencandu mengalami setidaknya dua jenis perubahan. Pertama, perubahan fisik. Kedua, perubahan pola pikir. Yang kedua, menurut Roger, tidak kalah berbahaya. Perubahan pola pikir itu salah satunya dipicu oleh perubahan hormon akibat masuknya zat-zat kimia ke dalam tubuh manusia.

“Dopamine dan endorphin di dalam tubuh terpengaruh. Dan untuk memulihkan fungsinya seperti semula dibutuhkan proses hingga berbulan-bulan. Dibutuhkan semangat dan keuletan juga,” imbuh Roger Danuarta. 

Sebagai informasi, dopamine merupakan neurotransmiter pada otak manusia. Ia memainkan peran penting sebagai pengantar pesan atau rangsangan antarsaraf dan sebagai hormon. Sementara Endorphin senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang. Ia juga berfungsi sebagai elemen kekebalan tubuh manusia. 

(wyn/ari)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait