Mana yang Harus Lebih Banyak Dikonsumsi: Lauk Pauk Hewani dan Nabati, Buah, atau Sayur?

aura.co.id | 17 November 2016 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Seberapa sering Anda mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dalam sehari?

Mungkin hanya sekali atau bahkan terkadang tidak sama sekali. Padahal seperti diketahui, sayuran dan buah-buahan mengandung serat yang dibutuhkan tubuh. Bahkan, serat bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit kronis seperti stroke, jantung, dan diabetes.

Anda pun disarankan untuk mengonsumsi serat pangan 25-30 gram dalam 2100 kalori untuk usia dewasa dan produktif, dan sekitar 10-13 gram dalam 1000 kalori untuk anak-anak.

Agar asupan serat terpenuhi, dokter spesialis gizi klinis Stella Bela, menyarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur dalam porsi yang lebih banyak dibanding lauk-pauk.

"Yang paling utama dikonsumsi adalah makanan pokok seperti nasi, ubi, dan lainnya yang merupakan sumber tenaga. Setelahnya, di tingkatan kedua adalah buah dan sayuran. Sayuran sebaiknya dikonsumsi 3-4 porsi sehari dan buah sebanyak 2-3 porsi sehari. Setelah, itu barulah konsumsi lauk-pauk dari hewani dan nabati. " tuturnya dalam diskusi media bersama PT Kalbe Farma Tbk pada Rabu (16/11) di Jakarta.

Untuk memenuhi kebutuhan buah dan sayuran tersebut, Stella mengatakan, "Buah dan sayuran harus ada dalam menu makanan berat kita dan bisa pula menjadi makanan selingan. Normalnya kita makan 3 kali sehari, maka buah-buahan misalnya bisa dikonsumsi ketika sarapan, makan siang, dan selingan menuju makan malam."

Sayangnya, konsumsi buah dan sayuran ini kerap kali terlupakan. Hal ini terlihat dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 yang menunjukkan sebanyak 93,5% penduduk Indonesia di atas usia 10 tahun tidak cukup mengonsumsi buah dan sayuran.

Padahal, imbuh Stella, serat memiliki berbagai manfaat lainnya. Salah satunya membuat perut kenyang lebih lama. "Serat bisa membuat lebih cepat kenyang dan membuat rasa kenyang tersebut bertahan lebih lama, mengikat kolesterol, menjaga kadar gula, dan tentunya membuat pencernaan lancar."

 

AURA.CO.ID

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait