7 Cara Mudah Memangkas Lemak dengan Tetap Makan Enak

aura.co.id | 13 Desember 2020 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Seringkali orang ragu melakukan diet karena harus berhenti makan enak. Tapi, tidak harus seperti itu jika mengikuti 7 cara praktis yang diungkap Real Simple berikut.

Anda bisa secara signifikan mengurangi asupan lemak, tanpa harus berhenti mengonsumsi makanan atau minuman enak.

Yuk, simak caranya.

Ubah pilihan menu di restoran cepat saji

Jika tidak bisa berhenti makan di restoran cepat saji, maka cukup hindari membeli makanan dengan deskripsi seperti: creamy, cheesy, butter, crispy, atau yang disajikan dengan saus. Sebaliknya, ganti makanan dengan yang memiliki porsi lebih keci dan dengan deskripsi seperti: dipanggang, dibakar, atau dikukus.

Makan salad tanpa dressing

Mulai saat ini, tahan diri Anda untuk mengguyurkan dressing setiap kali menyantap salad. Campur salad sayur dengan buah-buahan untuk rasa yang lebih nikmat. Jika Anda benar-benar tidak bisa menghindarinya dan tetap menginginkan sensasi dressing yang creamy, pilih yang terbuat dari yoghurt.

Pilih olesan bentuk kocok alih-alih batangan

Ganti mentega atau margarin batangan dengan mentega kocok (whipped butter) buatan sendiri. Dengan volume yang lebih mengembang kurang lebih tiga kali setelah dikocok dengan campuran susu, otomatis lebih sedikit jumlah minyak beku yang Anda konsumsi.

Ganti krim dengan susu rendah lemak untuk minuman kopi

Anda bukan penikmat kopi hitam? Anda punya kebiasaan menambahkan krim agar rasa kopinya lebih ringan? Maka ganti krim yang Anda gunakan dengan susu rendah lemak. Masih sama nikmat, kok rasanya.

Coba cocolan yang lebih sehat

Alih-alih melulu menggunakan mayones sebagai cocolan (dari apapun yang Anda makan), coba gantik dengan krim asam atau greek yoghurt tawar. Dijamin sama enak. Tidak ada perbedaan rasa yang terlalu berarti.

Katakan selamat tinggal pada makanan olahan

Hindari mengonsumsi makanan olahan seperti keripik kentang, kue kering, atau crackers sebagai camilan. Ganti semuanya dengan buah-buahan atau sayuran. Anda bisa mencoba membuat camilan irisan wortel yang dicocol dengan greek yoghurt atau buah-buahan potong tanpa tambahan sirup dan pemanis.

Berhenti menjadi "meat lovers"

Jadi, Anda termasuk orang yang sangat tidak mungkin berhenti memakan piza? Sebagai solusi, ganti status kecintaan Anda terhadap piza dari "meat lovers" menjadi "veggie lovers". Pergantian taburan ini secara signifikan akan mengubah asupan lemak yang Anda konsumsi. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menyesap kelebihan lemak yang ada pada permukaan piza dengan cara melampirkan tisu towel di atas piza segar yang baru keluar dari panggangan.

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait