Batik Betawi dengan Motif Penari Cokek Dipamerkan di Ottawa 

Romauli Gultom | 15 September 2019 | 13:29 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Keindahan Batik Betawi terus menginspirasi desainer Indonesia untuk mendesain karya-karya unik hingga ke mancanegara. Hal itu dibuktikan brand ELEMWE yang belum lama ini menampilkan lima koleksi Batik Betawi bermotif Penari Cokek pada Indofest 2019 di Ottawa pada 14 September 2019 lalu.

IndoFest 2019 yang diselenggarakan di Ottawa merupakan  kegiatan tahunan KBRI Ottawa dalam mempromosikan kekayaan budaya, potensi parisiwisata dan perdagangan Indonesia kepada masyarakat Kanada. 

Koleksi tersebut menghadirkan keindahan warna yang diambil dari tema musim gugur berpadu dengan bahan chifon dan katun bermotif Seni Budaya Betawi.

"Selain memang memiliki visi dan misi yang sama dengan tujuan dari acara ini, kami  benar benar ingin mempromosikan kota Jakarta dan seni budaya dan hasil karya pengrajin, sehingga orang asing akan tertarik untuk mengunjungi Jakarta dan   membeli karya-karya pengrajin seperti kain batik betawi, craft betawi dan lainnya, " ujar Lily Mariasari, desainer sekaligus pemilik label ELEMWE.

Desain kali ini, kata Lily, mengadopsi era millenial sesuai dengan perkembangan jaman maka motif batik betawi yang digunakan lebih simple, up to date namun tetap terlihat elegan.

Seiring dengan perkembangan zaman, tentunya pola desain semakin  berkembang dan modern, namun tetap memiliki unsur seni budaya yang wajib kita promosikan. Menurut Lily, trend batik 2020 akan tampil lebih modern dan inovatif dengan paduan motif batik yang semakin beragam. Model dan warna batik akan lebih ke warna warna alam.

Lily berharap bisa rutin mengikuti event semacam ini ke beberapa negara. Totalitasnya bersama ELEMWE dipresentasikan  lewat karya yang terus dilakukan, bahkan  tak hanya mendesain, Lily pun kerap mengadakan  workshop membatik,  dan membawa produk lokal dari para pengrajin di Jakarta dalam setiap pameran yang diikuti.

Produk-produk bercorak batik yang dipamerkan diantaranya ada sepatu, sandal, tas, selendang, dan aksesoris lainnya.

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait