6 Manfaat Madu untuk Kecantikan

aura.co.id | 7 Oktober 2019 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Khasiat madu bagi kesehatan dan kecantikan memang sudah diakui sejak dulu. Tak heran jika madu banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan untuk kulit hingga perawatan rambut.

Madu alami cocok untuk segala jenis kulit, bahkan bagi kulit yang sangat sensitif sekalipun. Apa saja manfaat madu untuk kecantikan? Berikut di antaranya :

Masker
Sebagai masker, madu berkhasiat mengencangkan dan menghilangkan kerut-kerut halus di wajah. Campurkan sebutir putih telur dengan satu sendok madu, aduk hingga rata. Lalu, balurkan campuran ke seluruh permukaan kulit wajah, biarkan selama kurang lebih 30 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat dan air dingin berganti-ganti, dan cuci dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan minimal seminggu dua kali.

Losion
Kulit kering dan kasar bisa diatasi dengan menggunakan losion berbahan madu. Ambil satu sendok teh madu, tambahkan satu sendok teh minyak sayur (vegetable oil) dan seperempat sendok teh perasaan lemon, campur dan aduk hingga merata. Usapkan ramuan pada tangan, siku, lutut, dan area-area tubuh lainnya yang terasa kering. Biarkan selama sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Madu berkhasiat sebagai humektan atau pelembap kulit karena kemampuannya menarik dan menahan cairan. Untuk hasil yang memuaskan, gunakan lotson madu setiap hari seusai mandi.

Toner
Untuk melembutkan dan melembapkan kulit wajah, campuran ramuan madu dan kulit jeruk bisa digunakan sebagai toner. Ambil satu buah kulit jeruk nipis, tambahkan satu sendok makan madu, lalu blender hingga halus. Gosokkan ramuan secara perlahan  ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Basuh wajah dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi. Khusus bagi mereka yang berkulit sensitif, pemakaian ramuan ini perlu ekstra hati-hati karena bisa menyebabkan iritasi.

Scrub
Untuk mengelupas kulit mati sekaligus melembutkan kulit, madu bisa digunakan sebagai bahan scrub. Campurkan satu sendok teh madu dengan sedikit tepung almond, aduk rata. Gosokkan ramuan secara perlahan ke seluruh bagian wajah sebagai scrub. Basuh dengan air hangat untuk membersihkan dan menghilangkan sisa-sisa madu di wajah. Untuk hasil yang maksimal, gunakan setiap dua hari sekali.

Ramuan Meni-Pedi
Perawatan kuku tangan dan kaki (manicure dan pedicure) mudah dilakukan dengan ramuan madu. Ambil dua sendok makan madu, tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis. Aduk hingga rata, lalu gunakan untuk mengurut dan memijat permukaan kulit tangan, jemari, dan kuku. Biarkan selama 30 menit. Kemudian, cucilah tangan dan kaki dengan air hangat dan bilas dengan air dingin.

Kondisioner Rambut
Agar rambut berkilau dan mudah diatur, gunakan campuran ramuan madu dan minyak zaitun. Campur satu cangkir madu dan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan ramuan secara merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Tutupi rambut dengan handuk hangat atau cap shower dan biarkan selama 30 menit. Lalu, keramasi rambut dengan sampo, bilas dan keringkan rambut seperti biasa. Untuk hasil maksimal, gunakan ramuan ini satu minggu sekali.

AURA.CO.ID

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait