Pernah Coba Keramas Pakai Gula? Ternyata Ini Khasiatnya untuk Rambut!

TEEN.CO.ID | 2 November 2020 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gula pasir yang umumnya kita gunakan sebagai pemanis, tenyata berguna juga untuk perawatan kecantikan. Khususnya sebagai bahan scrub alami karena keefektifannya mengeksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati.

Bukan hanya karena bentuknya yang berupa butiran kasar sehingga secara fisik bisa mengikis lapisan kulit mati, namun gula pasir yang terbuat dari sari tebu, merupakan sumber alami asam glikolat.

Zat ini merupakan salah satu jenis Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang efektif memecah protein perekat sel-sel kulit mati. Protein tersebut yang membuat lapisan kulit mati kita sulit terkelupas. Oleh karena itu, asam glikolat adalah agen eksfoliasi alami sehingga meningkatkan produksi sel kulit baru dan menghaluskan dan melembutkan kulit.

Fungsi pengelupasan alami oleh gula pasir ini tak hanya efektif untuk kulit tubuh. Kita juga bisa memanfaatkannya untuk kulit kepala. Dr Francesca Fusco dari klinik Wexler Dermatology menyatakan bahwa menambahkan gula pada shampoo bisa membuat rambut lebih bersih dan sehat. Hal ini terjadi karena butiran gula bisa membantu pengelupasan kulit mati pada kepala dan mengurangi kotoran yang menempel pada kulit kepala sehingga membersihkan lebih optimal.

Selain itu, dengan memijat lembut kepala saat keramas dengan campuran gula dan shampoo, peredaran darah pada kulit kepala jadi lebih lancar sehingga nutrisi dari sampo, conditioner, ataupun vitamin rambut jadi terserap dengan baik.

Campuran gula saat keramas juga efektif menghilangkan residu shampoo yang tertinggal sehingga mencegah timbulnya ketombe. Jika ingin melakukan perawatan ini, cukup tambahkan satu sendok gula dengan shampoo, kemudian aplikasikan pada rambut seperti keramas biasa. Pijat lembut kulit kepala, diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga benar benar-benar bersih.

Keramas dengan tambahan gula pasir ini cukup kita lakukan sebulan sekali saja agar tidak terjadi pengelupasan berlebihan pada kulit kepala.

Bagiamana, tertarik mencobanya?

Penulis : TEEN.CO.ID
Editor: TEEN.CO.ID
Berita Terkait