Bahan Makanan Peningkat Produksi ASI

Rizki Adis Abeba | 10 Desember 2018 | 22:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menurut konsultan laktasi, pakar diet, sekaligus Direktur Laktasi dan Nutrisi di rumah sakit anak St. Jude, Tennessee, AS, Ginger Carney, ada banyak bahan makanan penambah produksi ASI yang bisa dikonsumsi sejak hamil. Apa saja?

1.    Oat

Oat banyak direkomendasikan para aktivis laktasi khususnya di negara Barat. Kandungan zat besi yang tinggi dalam oat memengaruhi produksi ASI. Dalam penelitian tentang anemia dan kaitannya dengan ketidakcukupan ASI yang dimuat di situs Pusat Informasi Bioteknologi Nasional AS disebutkan, kekurangan zat besi menyebabkan anemia yang menjadi salah satu pemicu turunnya produksi ASI. Mengonsumsi oat secara rutin dipercaya menghindarkan ibu hamil dan menyusui dari anemia sehingga produksi ASI tetap lancar.

2.    Adas

Sayuran hijau yang berasal dari keluarga wortel ini sejak lama disebut-sebut sebagai golongan galactagogue atau bahan makanan yang melancarkan produksi ASI. Selain daunnya, biji adas yang sering dijadikan kandungan suplemen pelancar ASI dapat mencegah masalah pencernaan bayi. Ia mencegah kolik atau kondisi bayi menangis terus-menerus karena gangguan di bagian perut. Ibu hamil disarankan mengonsumsi adas karena mengandung senyawa yang sifatnya mirip hormon estrogen. Fungsinya, merangsang sistem saluran ASI agar membesar sehingga aliran ASI makin lancar.

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait