Mengenal Manfaat Zat-Zat Yang Tersimpan Dalam ASI (1)

Yuriantin | 12 Desember 2018 | 00:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hampir semua orang tahu bahwa ASI bermanfaat untuk menopang tumbuh kembang anak.

Banyak pula yang menyebut, ada perbedaan manfaat pemberian ASI pada 6 bulan pertama usia si kecil dengan di atas usia 6 bulan.

Sebenarnya, zat apa saja yang tersimpan dalam ASI? 

1.    Kolostrum

Akademi Dokter Anak Amerika mengungkapkan terdapat 3 tahap dalam pembentukan ASI. Tetes ASI pertama hingga beberapa hari usai melahirkan mengandung kolostrum. Zat ini menyebabkan ASI berwarna krem atau kekuningan. ASI menjadi lebih kental namun rendah lemak sehingga mudah dicerna bayi. Kolostrum mengandung protein tinggi, vitamin yang bisa mencerna lemak, antioksidan, mineral, dan antibodi bernama immunoglobulin A. 

Konsultan laktasi yang membuka jasa konsultasi dan kelas menyusui di Toronto Yoga Mamas, Taya Griffin menjabarkan manfaat immunoglobulin A yakni menghalangi bakteri dan patogen masuk ke dalam perut bayi. “Jadi ASI melindungi bayi dari dalam keluar,” ucap Taya.

Kandungan vitamin dan antioksidannya mengeluarkan kotoran yang menumpuk di tubuh bayi sejak sebelum dilahirkan. Selain itu, rutin menyusui pada pekan pertama setelah bersalin mengurangi risiko kondisi tubuh bayi menjadi kuning (jaundice).

2.    ASI transisi

Dua sampai lima hari setelah bersalin, ASI memasuki tahap transisi. Ini ditandai dengan payudara ibu yang membesar dan terasa lebih berat. Tahap ini berlangsung hingga 2 minggu. Pada fase ini, ASI mengandung lemak, laktosa, dan air untuk mencerna vitamin. Jumlah kalori pada ASI transisi lebih tinggi jika dibandingkan dengan ASI yang mengandung kolostrum. Tujuannya, mendorong pertumbuhan bayi.

bersambung

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait