Fitri Tropica: Ingin Hamil Setelah Sembuh Dari Tuberkulosis Kelenjar

Yohanes Adi Pamungkas | 7 Maret 2019 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pada 2016, timbul benjolan di leher Fitri Tropica (31). Ia lantas periksa ke dokter. Fitrop, demikian ia disapa, didiagnosis mengidap penyakit tuberkulosis kelenjar alias TB kelenjar.

Penyakit yang bersarang di kelenjar getah bening Fitrop disebabkan bakteri mycobacterium tubercolosis. Selama pengobatan, ia disarankan dokter tidak hamil dulu.

Kepada Fitrop, dokter menjelaskan Indonesia sering menjadi tempat tinggal bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit. TB kelenjar yang diidap Fitrop ditangani dokter spesialis onkologi.

Dokter meminta artis berdarah Sunda ini menjalani biopsi untuk mengambil jaringan TB kelenjar. Sempat takut saat memasuki kamar operasi, mental Fitrop menguat berkat dukungan suami, Irvan Hanafi (31). Setelah operasi, ia harus minum obat setiap hari selama setahun.

“Selain itu, sekarang saya harus menjaga tubuh agar sehat dan kuat dari gangguan bakteri,” ujar Fitrop di Jakarta, pekan lalu.

Beruntung, ia bukan tipikal yang sulit minum obat dalam jumlah banyak. Tiga kali sehari, Fitrop minum obat. “Efek sampingnya banyak sampai dokter menyarankan saya tidak hamil dulu. Saya boleh hamil kalau TB kelenjar sudah sembuh,” imbuhnya.

Setelah setahun minum obat dan rajin kontrol ke dokter, Fitrop dinyatakan sembuh. Meski sembuh, ia tidak bisa langsung bernapas lega.

“Siklus haid saya masih belum stabil. Kaki saya kadang terasa keram. Terakhir melakukan pemeriksaan tubuh, dokter bilang saya kekurangan vitamin D dan hormon prolaktin saya terganggu,” cerita Fitrop yang telah berhijab selama 7 bulan.

Setelah tidak lagi mengonsumsi obat TB kelenjar, Fitrop berharap segera hamil. “Saya dan suami berusaha setiap hari, lo,” celoteh Fitrop yang telah 5 tahun menikah. 

(han / gur)

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor: Yohanes Adi Pamungkas
Berita Terkait