Jawaban Lukman Sardi Ketika Anak Bertanya tentang Tuhan, Surga, dan Neraka

Wayan Diananto | 3 Februari 2019 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dari pernikahannya dengan Pricillia Pullunggono (Lia), Lukman Sardi (47) dikaruniai 3 anak: Akiva Dishan Ranu Sardi, Akira Deshawn Yi Obelom Sardi, dan Akino Dashan Kaimana Sardi.

Menjadi ayah membuatnya belajar banyak hal, mengingat anak-anak kerap menanyakan hal-hal tak terduga. Pernah, suatu hari anak-anak bertanya kepada Lukman soal Tuhan, surga, dan neraka.

Bintang film Laskar Pelangi dan Sang Pencerah yakin, keluarga menjadi kuat saat seluruh anggotanya sering berkumpul. Kumpul keluarga memungkinkan orang tua dan anak membangun ikatan emosi lebih kuat serta komunikasi yang intens.

Lukman Sardi, Lia, dan anak-anak berkumpul setiap Minggu. Momen itu dimanfaatkan aktor kelahiran 14 Juli ini untuk mendengarkan apa pun pertanyaan anak-anak. Lukman memosisikan diri sebagai sumber jawaban, meski pengetahuannya belum sempurna. 

“Salah satu yang bikin saya kaget, saat anak bertanya tentang Tuhan, surga, dan neraka. Cara saya menjelaskan konsep Tuhan kepada si sulung yang usianya 9 tahun beda dengan adiknya yang berusia 6 tahun. Saya mengakui kepada anak, belum tahu bentuk surga dan neraka itu seperti apa. Namun saya memberi tahu kalau ia berbuat baik, akan mendapat balasan baik. Kalau berbuat jahat, balasannya tidak akan enak,” beber Lukman di Jakarta, pekan lalu.

Dengan berbuat baik, kata Lukman Sardi, seseorang akan merasakan ketenangan. Itulah sensasi surga yang bisa dirasakan di dunia. Selain sebagai sumber jawaban, ia menempatkan diri sebagai rekan yang asyik untuk main perang-perangan, bulu tangkis, hingga bola basket. 

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait