Teknik Dasar Pencak Silat yang Bisa Dilakukan Sendiri Ala Wewey Wita: Kuda-kuda

Agestia Jatilarasati | 22 Januari 2019 | 17:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang tim pencak silat Indonesia berhasil memborong 14 medali emas dari 16 kelas yang dipertandingkan. Salah satu emas diraih oleh pesilat Wewey Wita (25), yang menang telak atas pesilat Vietnam Thi Them Tran dengan skor 5-0 di nomor Tarung Putri Kelas B (50-55 kg).

Banyak kalangan memandang pencak silat olahraga yang rumit. Tidak sebetulnya. Wewey Wita pun membagikan gerakan dasar pencak silat yang bisa Anda latih sendiri di rumah. 

Kuda-kuda adalah teknik dasar yang paling penting dalam pencak silat. Sebaik apa pun teknik serangan, tidak ada artinya jika tidak didukung dengan kuda-kuda yang baik.

“Kuda-kuda merupakan sikap awalan yang berfungsi sebagai persiapan untuk gerakan menyerang atau bertahan. Sikap kuda-kuda mudah untuk dilatih, yaitu dengan membuka kaki lebar ke samping dengan kedua kaki yang sedikit ditekuk ke depan. Pastikan berat tubuh berada di tengah-tengah,” ujar Wewey ditemui di malam penganugerahan Perempuan Bintang Award 2018 di Jakarta, bulan lalu.

Sikap kuda-kuda terbagi atas kuda-kuda depan, kuda-kuda belakang, kuda-kuda tengah, kuda-kuda sejajar, kuda-kuda silang depan, dan kuda-kuda silang belakang. 

(ages / gur)
 

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait