Teknik Dasar Pencak Silat yang Bisa Dilakukan Sendiri Ala Wewey Wita: Tendangan

Agestia Jatilarasati | 22 Januari 2019 | 23:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jika menekuni pencak silat, Anda bisa melatih teknik tendangan sendiri di rumah. Menurut Wewey Wita, gerakan kaki ini baik untuk melatih kekuatan sekaligus keseimbangan.

Ada empat macam tendangan dasar dalam pencak silat yakni tendangan lurus ke depan, melingkar, samping atau sabit, dan T. Cara melatihnya mudah. Berdiri tegak posisi awal dengan kedua kaki sejajar bahu, tubuh menghadap ke samping dengan kedua tangan berada menyilang di dada dan perut. 

“Untuk gerakan tendangan lurus ke depan dilakukan dengan mengarahkan kaki lurus ke depan dengan telapak kaki ke arah ulu hati lawan. Tendangan sabit atau samping dengan mengarahkan tendangan dari samping menuju ke tulang rusuk lawan. Tendangan T dengan mengarahkan tendangan menggunakan hentakan telapak kaki ke arah tulang rusuk atau dada lawan. Dan tendangan melingkar dengan memutar kaki tumpuan menggunakan tumit. Sasaran tendangan ini biasanya dada atau punggung lawan,” ujar Wewey Wita ditemui di malam penganugerahan Perempuan Bintang Award 2018 di Jakarta, bulan lalu. 

Gerakan-gerakan dasar pencak silat tersebut menurut Wewey sangat penting dipelajari oleh wanita. Selain untuk kesehatan juga bisa untuk melindungi diri.

“Biasanya gerakan yang dibutuhkan wanita untuk melindungi diri adalah tendangan dan pukulan. Jika ada wanita yang ingin melindungi diri ketika diserang, bisa menggunakan tendangan depan untuk menyerang lawan sekaligus memberi waktu untuk melarikan diri,” Wewey menyarankan.  

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait