Dilantik Jadi KSAD, Ini Jejak Karier Jenderal Andika Perkasa

TEMPO | 22 November 2018 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hari ini Presiden Jokowi melantik Letnan Jenderal Andika Perkasa sebagai Kepala Staf TNI AD (KSAD) menggantikan Jenderal Mulyono yang memasuki masa pensiun. Jokowi menyematkan Bintang Empat atau tanda pangkat Jenderal di bahu Andika Perkasa dalam pelantikan itu. Jokowi menyebut Andika Perkasa punya rekam jejak yang baik untuk diangkat jadi KSAD.

Sebelum resmi dilantik nama Andika Perkasa telah beredar kencang sebagai calon KSAD. Dia juga masuk dalam 10 nama calon KSAD yang dibawa Koalisi Masyarakat Sipil ke Komnas HAM kemarin.

Andika Perkasa memegang tongkat komando Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD atau Pangkostrad. Ini adalah jabatan strategis sebelum menuju kursi KSAD. Andika merupakan lulusan Akademi Militer 1987. Nama Andika Perkasa dikenal publik saat menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat. Bintangnya kian moncer saat Presiden Joko Widodo melantiknya sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden. Panglima TNI saat itu Jenderal Moeldoko mengatakan pengangkatan Andika itu karena keinginan Presiden Jokowi.

Andika Perkasa merupakan menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara A.M Hendropriyono. Ia menjadi Komandan Paspampres, menggantikan Mayor Jenderal Doni Munardo. Saat itu ia mulai bekerja setelah tiga hari Jokowi dilantik sebagai presiden. Saat menjadi Komandan Paspampres, Andika Perkasa membuat beberapa gebrakan. Salah satunya gaya berpakaiannya yang lebih santai dan sporty. Andika tampil memakai celana berbahan parasut yang memiliki beberapa kantong tambahan.

Dia juga memakai sepatu sport untuk kegiatan mendaki dan lari. Kini pakaian anggota Paspampres dalam beberapa kesempatan terlihat lebih santai dan sporty.

Sepanjang kariernya di militer Andika Perkasa lebih banyak bertugas di Komando Pasukan Khusus atau Kopassus. Pernah bertugas di Komando Pendidikan dan Latihan TNI AD serta menjadi sekretaris pribadi Kepala Staf Umum TNI. Juga pernah menjadi Komandan Rindam Jaya hingga Danrem 023/Kawal Samudera, Sibolga, Sumatera Utara.

Jenderal Andika Perkasa dikenal cakap di bidang akademis. Gelar master diraihnya dari Universitas Harvard. Lulusan terbaik Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat tahun 2000 ini menyabet gelar doktoral di Universitas George Washington.

Usai pelantikan menjadi KASAD, Andika Perkasa membantah ada Hendropriyono di balik penunjukan dirinya. "Ya itu tadi, monggo mau ngomong apa juga saya kondisinya begini, keadaan saya begini, dan dari dulu juga begini. Nggak ada yang saya komentari lagi," kata Andika Perkasa saat ditemui usai pelantikannya di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 22 November 2018.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait