Presiden Jokowi Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

TEMPO | 5 Juni 2019 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Jokowi melaksanakan salat Idul Fitri 1440 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta. Tiba pukul 6.55 WIB, Jokowi datang bersama istrinya, Iriana. Keduanya didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Petugas Imam dan khatib salat Idul Fitri kali ini adalah Guru Besar Ilmu Fiqih dan Ushul Fiqih Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Said Agil Husin Al Munawwar. Tema khotbahnya 'Idul Fitri Menebar Maaf, Membangun Kebersamaan'.

Said dalam kotbahnya mengingatkan untuk saling memaafkan di momen Idul Fitri ini. "Karena memberi dan menerima maaf adalah sikap yang dianjurkan oleh Allah SWT," katanya, Rabu, 5 Juni 2019.

Pada dasarnya, kata Said, manusia diciptakan bukan untuk saling bertikai melainkan untuk mengabdi kepada Allah SWT dan menjadikan Alquran dan sunah nabi sebagai pedoman hidup. Ia menjelaskan Alquran dan sunah sudah teruji mewujudkan peradaban manusia yang mulia. "Bahkan Alquran terbukti mengajarkan manusia agar memiliki sifat saling mencintai, memaafkan, dan menciptakan perdamaian," ujarnya.

Dalam salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal kali ini turut hadir Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait