Oktri Manessa-Toto Menghapus Stigma Negatif Klinik Gigi Lewat OMDC

Rizki Adis Abeba | 17 Desember 2018 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Klinik gigi identik sebagai tempat yang menakutkan. Tidak dengan klinik gigi OMDC. drg. Oktri Manessa bersama sang suami sekaligus partner bisnisnya, Toto Syarief Hidayatullah.

Pasangan itu menyulap klinik gigi menjadi tempat yang unik dengan dominasi warna merah muda-fusia dan suasana yang nyaman. Tidak heran, klinik tersebut memiliki banyak pasien setiap harinya. 

Gagasan mendirikan OMDC berawal dari pengalaman Oktri saat bekerja sebagai dokter PTT (Pegawai Tidak Tetap) di desa terpencil di kabupaten Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam, tujuh tahun silam. Di sana, ia menemukan beberapa fakta mengejutkan, salah satunya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan gigi ke dokter masih sangat rendah.

“Mereka bahkan masih menganggap satu sikat gigi cukup untuk digunakan seluruh anggota keluarga,” ungkap Oktri. 

Sejak saat itu, ia giat memberikan edukasi dan melakukan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi.

“Setelah pulang ke Jakarta, kami tetap ingin melakukan sesuatu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan mulut dan gigi. Di Jakarta yang lebih modern pun terjadi juga (masyarakat enggan ke dokter gigi). Saya lalu membuat survei untuk menanyakan, apa, sih yang membuat orang malas datang ke dokter gigi?” beri tahu Oktri.

Dari survei itu, ternyata ada tiga alasan orang enggan ke dokter gigi: mahal, takut, dan malas antre. 

Lewat klinik OMDC yang dirintis sejak 2012, Oktri dan Toto berusaha mematahkan stigma negatif tentang klinik gigi.

“Pertama kami coba hilangkan kesan menakutkan dan menyeramkan, dengan membuat desain klinik yang menarik, nyaman, dan membuat orang terkesan tidak sedang berada di dokter gigi,” terang Oktri. Selain itu, ia membuat sistem reservasi jadwal pelayanan agar tidak terjadi penumpukan pasien. 

“Jadi orang yang datang sudah tahu akan dilakukan perawatan hari apa dan jam berapa sehingga waktu mereka lebih efisien. Terpenting kami memberikan harga yang terjangkau. Waktu pertama kali buka, kami menawarkan harga 99 ribu rupiah untuk semua jenis perawatan,” jelas penyuka warna merah muda-fusia.

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait