Boyong 250 Orang, Falcon Pictures Siap Gelar Premiere Bumi Manusia dan Perburuan Sekaligus Di Surabaya

Christiya Dika Handayani | 2 Agustus 2019 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rumah produksi Falcon Pictures siap menggelar gala premiere dua film barunya sekaligus yakni Bumi Manusia dan Perburuan.

Rencananya, acara tersebut akan dilangsungkan di pusat perbelanjaan Sutos (Surabaya Town Square), Surabaya, Jawa Timur pada 9 Agustus 2019 mendatang.

Produser Falcon Pictures, Frederica mengungkapkan Surabaya dipilih karena pas dengan latar belakang cerita Bumi Manusia dan Perburuan yang menceritakan sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Surabaya memang dikenal sebagai kota yang memiliki keterkaitan sejarah kemerdekaan Indonesia yang sampai saat ini dikenang dengan peristiwa 10 November 1945.

Sementara itu, sutradara film Perburuan, Richard Oh mengungkapkan, digelarnya premiere film Bumi Manusia dan Perburuan ini sebagai bentuk perayaan sastra dalam film.

"Ini akan menjadi event perayaan sastra dalam film. Sebuah event yang mengundang orang-orang untuk lebih mengenal sastra," kata Richard Oh dalam jumpa pers di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (1/8).

Senada dengan Richard, sutradara film Bumi Manusia, Hanung Bramantyo juga menyebut acara ini sebagai perayaan sastra. Suami dari Zaskia Adya Mecca itu uga mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan sekaligus untuk merayakan kemerdekaan Indonesia dengan karya Pramoedya Ananta Toer.

Hanung teringat perkataan Pram dalam novel dan video dokumenternya terkait dirinya yang dipenjara selama 30 tahun disaat Indonesia sudah merdeka di usia 50 tahun. 

"Jadi, 30 tahun dia tidak merasakan kemerdekaan. Kami akan merayakan kemerdekaan Pak Pram selama 30 tahun ini. Agustus ini buat saya ini adalah momentum yang berani dari kami (untuk merayakan), bukan pemerintah, dan teman-teman yang ada di sini, dari Indonesia maupun dari (aktor dan aktris) Belanda, kami mencoba merayakan kemerdekaan Indonesia dengan karya Pak Pram," ujar Hanung Bramantyo.

Film Bumi Manusia dan Perburuan memang  diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis mendiang Pramoedya Ananta Toer. Tak tanggung-tanggung, untuk gelaran premiere ini, Falcon Pictures memboyong rombongan sebanyak 250 orang, yang terdiri dari para pemain Bumi Manusia dan Perburuan, keluarga Pramoedya Ananta Toer, puluhan artis, hingga wartawan ke Surabaya.

Adapun, film Bumi Manusia dan Perburuan akan ditayangkan serentak di seluruh bioskop Tanah Air mulai 15 Agustus 2019 mendatang.

 (dika / gur)

Penulis : Christiya Dika Handayani
Editor: Christiya Dika Handayani
Berita Terkait