Helmy Yahya Sebut Benci Untuk Mencinta Naif Mirip Lagu Ungu feat Rossa, David Bayu Bakal Nuntut?

Indra Kurniawan | 10 Mei 2021 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hampir 26 tahun berkiprah di Industri musik Tanah Air, grup musik Naif telah menelurkan beberapa album dan hit single yang menjadi primadona penikmat musiknya. Salah satu yang terpopuler adalah lagu "Benci Untuk Mencinta".

Terdapat di track ketiga album Retropolis yang rilis akhir Agustus 2005, "Benci Untuk Mencinta" disebut presenter kondang mirip lagu Ungu featuring Rossa yang berjudul "Tercipta Untukku".

"Lagu gue tuh 'Benci Untuk Mencinta'. Tapi itu kok mirip lagu Rossa ya?" kata Helmy Yahya dalam video wawancara dengan vokalis Naif, David Bayu di kanal YouTube Helmy Yahya Bicara yang dipublikasi 23 April lalu.

"Aye duluan itu bang (yang rilis). Kalau ada yang bisa nge-trace, itu gue duluan," cetus David tertawa lebar.

"Itu lebih dari 8 bar dong?" tanya Helmy lagi serius.

Dalam ketentuan umum di dunia, sebuah lagu dikatakan meniru atau menjiplak lagu lain apabila memiliki kesamaan hingga 8 bar. Satu bar umumnya memiliki empat beat atau ketukan. Ketentuan tersebut memang masih diperdebatkan. Sebab, ada yang berpendapat memiliki kesamaan 2 atau 3 bar sudah bisa dibilang menjiplak.

"Maksudnya rilisnya duluan kita sih. Kalau kebetulan mirip lagunya Rossa (sama Ungu), iya gue juga (batin), ada mirip juga nada-nadanya" kata David.

Helmy keukeh kemiripan antara "Benci Untuk Mencinta" dan "Tercipta Untukku" lebih dari 8 bar. Bersama seseorang yang berada di ruangan wawancara, Helmy menyanyikan refrain "Tercipta Untukku" dan "Benci Untuk Mencinta" secara bersamaan.

"Ya, ya..so, so, sih. Tapi masih oke-lah," sahut David setelah mendengar refrainnya.

"Depannya mirip banget, lebih dari 8 bar, bukan?" kata Helmy.

"Biarin aja, kan gue duluan ini yang rilis. Gue juga enggak nuntut ha ha ha," seloroh David, salah satu dari dua personel Naif yang tersisa. (Ind)

"Tercipta Untukku" karya Arlonsy Miraldi alias Onci (gitaris Ungu) merupakan salah satu lagu di album Melayang, yang dirilis Desember 2005. Sedangkan "Tercipta Untukku" Ungu featuring Rossa yang menjadi OST film Ayat-Ayat Cinta rilis Mei 2006.

(ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait