Asal Usul Karakter Upin & Ipin, Mengapa Yatim Piatu hingga Kepala Botak

Supriyanto | 24 Januari 2022 | 21:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Serial animasi Upin & Ipin belum lama ini trending di media sosial setelah beredar video ditemukannya dua makam yang di atasnya terdapat nisan dengan nama Upin dan Ipin. Video tersebut viral di TikTok dan ramai di berbagai media sosial setelah diunggah ulang. Dalam video yang beredar, makam warna biru yang bersebelahan bertuliskan Ipin, meninggal pada 1996 dan Upin setahun sebelumnya.

Di kolom komentar netizen menduga makam tersebut adalah tempat Upin Ipin yang asli, hingga muncul ide awal di balik serial animasi Upin & Ipin di televisi yang muncul sejak 2007 lalu. Pasalnya pemilik akun yang mengunggah video menuliskan keterangan yang meyakinkan.

"Pantesan nggak pernah gede, ternyata kisah berdasarkan khayalan opa 10 tahun lalu," kata tulisan di dalam video tersebut.

Menanggapi kehebohan tersebut, Les' Copaque Production selaku rumah produksi yang membuat serial animasi Upin & Ipin memberi penjelasan. Pihak menajamen mengungkap, karakter dua bocah berkepala botak itu muncul  murni dari kreativitas tim Les' Copaque Production. Sedangkan jalan cerita Upin Ipin berasal dari Hajah Ainon, pengisi suara Opah.

"Cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production. Ianya tidak diambil atau diinpirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada. Idea asal cerita Upin & Ipin adalah dari Hajah Ainon yang juga pelakon suara Opah. Setiap cerita yang ditulis bukan sahaja mudah difahami tetapi juga sarat dengan mesej yang bermanfaat. #UpinIpin #LuarBiasa #BetulBetulBetul," tulis Les' Copaque Production lewat akun Instagram upinipinofficial.

Soal karakter Upin & Ipin, jauh sebelum ramai kemunculan makam, lewat akun resmi Twitter miliknya Les' Copaque Production menerangkan karakter Upin dan Ipin dibuat yatim piatu karena saat dibuat pertama merupakan proyek sampingan.

Kala itu, Les' Copaque Production tidak punya tenaga kerja yang cukup untuk membuat karakter tambahan sebagai orang tua Upin dan Ipin.

"Ketika Upin & Ipin Musim 1 disiarkan di TV9, ianya merupakan projek sampingan saja. Oleh kerana kesuntukan masa dan kekurangan tenaga kerja, tiada watak baru dihasilkan dan LCP memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin anak yatim piatu," tulis Les' Copaque panjang lebar di Twitter.

Les' Copaque juga menjelaskan soal karakter Upin dan Ipin yang berkepala plontos.

"Ketika Upin & Ipin Musim 1 dihasilkan, pihak LCP terpaksa memendekkan kos dan mempercepatkan proses pembuatan. Nak buat rambut (hair simulation) ketika itu terlalu memakan masa. Maka, Upin dan Ipin direka botak tetapi Upin ada sehelai rambut," kicau Les' Copaque.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait