Inacraft Award 2018 Apresiasi Pengrajin Lokal

Romauli Gultom | 2 Mei 2018 | 00:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagai bentuk apresiasi terhadap karya pengrajin Indonesia yang telah menciptakan produk kerajinan khas yang berkualitas, Kementerian Perindustrian terus mendukung pengrajin untuk meningkatkan kualitasnya dan mampu bersaing di pasar dalam negeri maupun mancanegara.

Wujud apresiasi atas kreativitas, inovasi desain, untuk terus berinovasi di bidang kerajinan maka sebuah penghargaan pun dihelat sebagai bentuk dukungan akan keindahan produk kerajinan di Tanah Air. 
 
Sebuah penghargaan Inacraft Award 2018 menjadi bukti nyata agar pengrajin Indonesia tak pernah lelah berkarya dan menghasilkan produk unggulan berkualitas. 

"Inacraft Award ini menjadi wujud apreasiasi kreativitas dan upaya meningkatkan iklim kompetitif yang mendorong inovasi produk baru untuk kerajinan lokal dan mampu berdaya saing global," ujar Airlangga Hartanto di JCC Senayan, akhir pekan lalu. 

Terdapat lebih dari 100 produk yang dipilih Inacraft Award yang telah menerima Certificate of Excellence dari UNESCO sejak keterlibatan Asephi dalam program ini. Dengan 7 kategori yaitu keramik, serat alami, tekstil, kayu, batu, dan logam.

Adapun kriteria pemenang INACRAFT Award yakni kerajinan harus menunjukkan tingkat kesempurnaan pekerjaan, dan penerapan standar kualitas bermutu tinggi. 

"Kerajinan harus mengekspresikan identitas budaya dan nilai estetis tradisional, tak hanya pengrajin harus kreatif dan berhasil memadukan ketrampilan tradisional dan inovasi bahan," jelas Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah sekaligus salah satu dewan juri INACRAFT Award 2018.

(uli / gur)

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait