Ratusan UMKM Ramaikan Pameran Karya Kreatif Indonesia 2022

tabloidbintang.com | 27 Mei 2022 | 17:48 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pameran karya kreatif Indonesia 2022 digelar di Hall A JCC, Jakarta. Lebih dari 200 UMKM hadir secara fisik dan 500 UMKM melalui website KKI. Ada beragam produk berkualitas ekspor dari seluruh nusantara yang menawarkan produk terkurasi antara lain kain wastra, pakaian jadi, kerajinan (jam tangan, ukiran, vas bunga), camilan dan kopi. 

Karya Kreatif Indonesia yang diselenggarakan Bank Indonesia ini merupakan ruang untuk memotivasi UMKM agar secara kontinyu menghasilkan terobosan yang adaptif, kreatif dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan pasar sesuai selera konsumen, berorientasi ekspor, dan memanfaatkan platform digital.  

KKI ini juga menjadi bagian Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia yang telah dicanangkan Pemerintah. Demikian disampaikan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin sekaligus membuka Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 pada hari ini (27/5) di Jakarta. 

Perhelatan ini merupakan panggung kolaborasi bersama antara BI dan Pemerintah ini merupakan sarana membangkitkan UMKM di masa pemulihan pascapandemi. 

KKI 2022 berlangsung secara hybrid dalam berbagai webinar dan showcasing yang dapat diakses melalui www.karyakreatifindonesia.co.id dan secara luring di Hall A JCC pada 26-29 Mei 2022, tanpa dipungut tiket masuk (gratis).

Senada dengan hal tersebut, Gubernur BI, Perry Warjiyo menegaskan, sinergi, digitalisasi, dan globalisasi adalah tema sekaligus tiga kunci untuk membangkitkan UMKM menjadi kekayaan nasional dan pendorong ekonomi secara global. 

"Sinergi dilakukan secara erat antara 13 Kementerian atau lembaga, 5 asosiasi, dan 26 industri. Digitalisasi sebagai cara yang efektif dan efisien untuk mengintegrasikan UMKM dalam EKD Nasional," ujarnya.

Selain itu, digitalisasi juga dapat dimanfaatkan untuk merancang desain produk UMKM. BI melakukan digitalisasi SP melalui Qris dan Bifast agar transaksi UMKM menjadi lebih cepat, mudah, aman dan handal. 

UMKM juga dapat berkonsultasi mengenai berbagai hal untuk mengembangkan usahanya, seperti kurasi produk UMKM, akses ekspor, konsultasi desain, merek, kemasan dan Hak Kekayaan Intelektual, aplikasi pencatatan transaksi keuangan, akses pembiayaan, perlindungan konsumen, serta konsultasi dan pendaftaran QRIS dan konsultasi terkait instrumen sistem pembayaran lainnya seperti SNAP, BI-FAST, dan Bliss.

Sejalan dengan semangat Presidensi G20 2022 untuk pulih bersama dan semakin kuat, KKI tahun ini mengusung tema “UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan" dengan tagar #BersamaUMKMBangkit dan #UMKMgodigital_goglobal. 

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait