Esha Gupta Dikecam karena Komentar Rasis Menyamakan Pemain Arsenal dengan Gorila

TEMPO | 30 Januari 2019 | 04:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Artis Bollywood Esha Gupta tengah menuai kecaman karena komentarnya atas permainan Arsenal. Ia dianggap telah melakukan penghinaan rasis pada Alex Iwobi.

Yang mengherankan Esha Gupta justru dikenal sebagai pendukung setia Arsenal. Ia bahkan pernah dijadikan duta klub itu dan iktu meluncurkan jersey baru pada 2017.

Ternyata, Esha Gupta termasuk salah satu suporter yang kecewa karena Arsenal dikalahkan Manchester United di babak keempat Piala FA, akhir pekan lalu.

Ia lalu menumpahkan unek-uneknya lewat percakapan WhatsApp dengan salah satu temannya.

Percakapan itu kemudian ia foto dan ia unggah di akun instagramnya, yang memiliki 3,4 juta pengikut. Kegaduhan terjadi karena dalam rangkaian percakapan itu--yang menekankan buruknya permainan sayap Arsenal-- ia menyebut Iwobi seperti "gorila" dan "evolusi seperti berhenti untuknya" serta "Tak berubah dari Neanderthal menjadi manusia".

Protes dari netizen pun pun membanjir. Media massa juga banyak memberitakannya. Artis berusia 33 tahun buru-buru menghapus postingan itu. Tapi, copiannya sudah tersebar kemana-mana.

Ia kemudian meminta maaf lewat akun twitternya. "Kawan-kawan minta maaf bila kalian menganggap itu rasis. Salah saya. Sebagai pecinta olahraga, demi Tuhan saya tak pernah bermaksud demikian. Maaf, saya tak menyadari itu mengarah pada rasisme."

Esha Gupta merupakan salah satu artis Bollywood yang cukup terkenal dan sudah membintangi tak kurang dari 20 film layar lebar. Ia juga merupakan seorang model dan pemenang Miss India International pada 2007. Ia juga pernah mengencani salah satu pemain Arsenal, Hector Bellerin.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait