Yang Hyun Suk Klaim Alat Uji Narkoba Milikinya Lebih Canggih dari Milik Kejaksaan

Rizki Adis Abeba | 21 Juni 2019 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Merasa disudutkan dengan berbagai pemberitaan terkait kasus narkoba yang melibatkan Han Seo Hee dan B.I iKON serta T.O.P Big Bang, Yang Hyun Suk akhirnya angkat bicara dan mengklarifikasi berbagai tuduhan tersebut. “Saya tidak pernah merespon (pemberitaan) media selama 23 tahun belakangan. Namun saya pikir saya harus membenarkan hal-hal yang bisa saya koreksi sebaik mungkin melalui penjelasan,” ungkap Yang Hyun Suk di acara Spotlight di JTBC yang tayang pada Kamis (20/06) malam.

Yang Hyun Suk mencoba meluruskan mengenai tes narkoba yang dilakukan secara rutin setiap dua bulan di kalangan intern YG Entertainment. Menurutnya, hal itu bukan lah sesuatu yang ilegal. “Saya memimpin langsung tes narkoba dan memantau mereka,” bilang Yang Hyun Suk.

Ia juga menjelaskan bahwa alat untuk melakukan tes urin bisa dibeli perorangan di Amerika Serikat, di mana hal itu biasa dilakukan. “Saya juga bertanya kepada banyak pihak termasuk otoritas investigasi dan mereka mengatakan bahwa hal itu tidak ilegal,” lanjut Yang Hyun Suk.

Yang Hyun Suk juga menunjukkan tim produksi Spotlight peralatan tes narkoba yang dimilikinya, di mana ia mengklaim alat itu merupakan alat terbaru dan lebih canggih daripada milik kejaksaan dengan nilai mencapai lima kali lipat.

Alat uji narkoba milk Yang Hyun Suk juga disebutkan bisa mendeteksi 12 jenis narkoba sekaligus. “Mereka tidak menjual alat uji narkoba ini secara domestik (di Korea). Jika alat tes narkoba yang digunakan kejaksaan seharga 10 ribu won (121 ribu rupiah), maka ini mencapai 50 ribu won (607 ribu rupiah),” urai Yang Hyun Suk.

Sebelumnya, dari pengakuan Han Seo Hee media memberitakan bahwa tes narkoba intern itu merupakan cara Yang Hyun Suk untuk melindungi artis-artisnya agar senantiasa “bersih” dari narkoba ketika tertangkap polisi. Sebab jika ada artis yang terdeteksi menggunakan narkoba dalam tes intern di YG, ia akan segera mengirim sang artis ke Jepang untuk dilakukan “pembersihan” sehingga narkoba di tubuhnya tidak bisa terdeteksi oleh polisi.

Namun Yang Hyun Suk membantah hal ini. Menurutnya tes narkoba intern di YG Entertainment mulai dilakukan sejak G-Dragon terkena skandal penggunaan ganja pada 2012 silam. “Ada rasa tanggung jawab setelah kasus G-Dragon dan hal seperti itu terjadi karena manajemen yang buruk di pihak YG, jadi kami melakukan tes (narkoba secara berkala),” jelas Yang Hyun Suk.

Ketika pihak Spotlight menanyakan mengapa Yang Hyun Suk harus menggunakan alat uji narkoba yang bisa mendeteksi 12 jenis narkoba, sedangkan di Korea hanya ada enam jenis narkoba yang umum digunakan, Yang Hyun Suk beralasan hal itu dilakukan sebagai pencegahan saja. Cara itu juga dianggapnya ampuh untuk menakut-nakuti para artis agar tidak mencoba jenis narkoba baru.

Yang Hyun Suk juga kembali membantah dugaan keterlibatan B.I dalam kasus narkoba bersama Han Seo Hee sebab hasil tes narkoba B.I yang dilakukan dengan menggunakan alatnya menunjukkan hasil negatif. Yang Hyun Suk sendiri sudah mengundurkan diri dari jabatan Produser Representatif di YG Entertainment pada 14 Juni lalu.

(riz/ari)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait