Sutradara Menjelang Maghrib Geram, Ada yang Provokasi Boikot Film Garapannya

Supriyanto | 27 Maret 2024 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Belum lama ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) melarang film Kiblat karena dianggap menyinggung agama islam. Hal tersebut berdampak pada film bernuansa horor lain yang terancam bakal diboikot.

Menanggapi hal tersebut, Helfi Kardit sutradara film Menjelang Magrib yang dibintangi Novia Bachmid tak terima filmnya masuk daftar untuk diboikot.

Helfi Kardit menerangkan, film garapannya sama sekali tidak menyinggung soal agama dan bukan horor religi.

"Ada postingan film Menjelang Magrib masuk list film yang eksploitasi agama. Itu yang posting katanya ahli agama kebetulan gue nggak begitu tahu juga ini orang ini. Gue jelasin ya film Menjelang Magrib itu tentang ODGJ yang dipasung di rumah pasung dalam kepercayaan mistis dan tahayul," ungkap Helfi Kardit kepada wartawan baru-baru ini.

Helfi mengatakan bahwa filmnya mengangkat tema sosial dan kemanusiaa, tidak ada sangkut paut pada agama.

"Justru film ini tema social dan human right, film tentang hak asasi manusia yang dicekam oleh kepercayaan mistis dan tahayul pada masyarakat," jelas Helfi Kardit.

"Film ini tentang kultur bukan agama, di film Menjelang Magrib tidak ada adegan sholat yang didatengi setan atau hantu, atau membaca ayat-ayatsuci Al Quran," kata Helfi menambahkan.

Yang membuat Helfi Kardit naik pitam adalah, akun @aresdimahdi menyerukan kepada masyarakat untuk memboikot sejumlah film termasuk Menjelang Magrib.

Helfi merasa pemilik akun @aresdimahdi belum menonton film Menjelang Magrib dan hanya menilai dari judulnya saja.

"Gue rasa yang posting dan komen belum nonton film Menjelang Magrib, kalau film Menjelang Magrib eksploitasi agama pasti dari awal tayang dua tahun lalu sudah di protes, ini sih orang-orang yang minim literatur film ikut-ikutan ngejudge aja sih ini," beber Helfi.

Helfi Kardit sutradara Menjelang Maghrib

"Kalau eksploitasi agama nggak mungkin film ini masih di minati di negara-negara mayoritas islam," tegasnya.

Meski film Menjelang Maghrib sudah tidak tayang di bioskop, film yang dibintangi Aulia Bachmid itu masih menunjukkan tajinya. Film ini sedang tayang juga di platform streaming Planet Horror di Spanyol. 

"Platform digital under akuisisi AMC Network. Film Menjelang Magrib juga akan tayang di bioskop Turki di rencanakan tanggal 16 Agustus dan lagi tahap pembicaraan dengan distributor Saudi dan Thailand. Kalau eksploitasi agama nggak mungkin film ini masih diminati di negara-negara yang mayoritas penduduknya Islam," pungkas Helfi Kardit.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait