Ketika Sang Putri Bertanya kepada Denada: "Mama, Kenapa Rambut Shakira Rontok?"

Vallesca Souisa | 4 Agustus 2018 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebulan berlalu sejak Shakira Aurum (5), putri semata wayang Denada dan fotografer Jerry Aurum—divonis mengidap leukemia, dengan jenis leukemia limfositik.

Fase pengobatan kemoterapi pertamanya di Singapura baru dilewati. Tubuhnya mengurus namun pipi dan perut membengkak. Kemampuan motoriknya melemah. Rambutnya mulai rontok. Dan pengobatan tak terhenti di sini. Demi kesembuhan, ia harus melanjutkan kemoterapi fase kedua dan beberapa fase lain menanti hingga dua tahun ke depan.

Tubuh Shakira tak sama lagi dengan beberapa bulan lalu. Anak kecil ini bertanya, “Mama, kenapa rambut Shakira rontok?” Hati setiap ibu hancur mendengar pertanyaan ini.

“Mama, bagaimana Denada harus menjelaskan?” Denada bertanya kepada ibunya, Emilia Contessa. Bagaimana menjelaskan kepada si kecil, bahwa pengobatan yang tengah dijalaninya ini di sisi lain juga menghancurkan sel-sel tubuhnya? Dan ini baru efek awal dari serangkaian pengobatan kemoterapi. 

Seketika Emilia ingin menangis. Namun ia menahannya sekuat tenaga. Dia tahu dia tidak boleh menangis di hadapan Dena, sekalipun langit tengah runtuh di hadapannya.

“Nak, kamu ibunya. Kamu yang paling tahu bagaimana menguatkannya dan menjelaskan ini semua. Shakira anak yang baik, penurut, mau mendengarkan orang tuanya. Dia akan mengerti,” ucap Emilia. 

Denada menguatkan diri lalu berusaha menjawab pertanyaan anaknya, seperti ia tengah berdongeng untuk Shakira di hari-hari yang lalu.

“Sekarang rambut Shakira rontok, karena Allah akan memberikan rambut baru, rambut yang lebih hitam, rambut yang lebih lebat, rambut yang lebih berkilau. Mama juga mau rambut Mama diganti dengan yang lebih bagus oleh Allah.” 

(val / gur)

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait