Mudik Lebaran 2018: Sepeda Motor Mulai Padati Jalur Kalimalang

TEMPO | 10 Juni 2018 | 21:26 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Arus mudik Lebaran 2018 dengan sepeda motor mulai meningkat, seperti terlihat di Jalan Raya Kalimalang wilayah Bekasi, Jawa Barat. Malam ini diperkirakan menjadi puncak arus mudik menggunakan kendaraan roda dua.

Menurut catatan petugas pengamanan dan pengaturan Polres Metro Bekasi Kota di pos simpang Bekasi Cyber Park, Jalan Hasibuan, lalu lintas kendaraan pemudik menuju ke Cikampek hari ini sampai dengan pukul 20.00 WIB mencapai 11.000 lebih, meningkat dibanding kemarin yang mencapai 8.000 lebih.

"itu hitungan kasar, bisa jadi lebih dari itu," kata Kepala Urusan Pembinaan Operasi Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi Kota, Ajun Komisaris Suryono Giri pada Ahad malam, 10 Juni 2018. Suryono mengatakan, timnya hanya mencatat di ruas jalur Kalimalang yang menjadi favorit pemudik dari Jakarta dan wilayah sekitar melalui Cawang.

Jalur lain yang dilintasi pemudik adalah Jalan Sultan Agung, I Gusti Ngurah Rai dari Cakung dan Pulogadung. Jalur itu langsung menuju ke jalur pantai utara (Pantura) jawa di Kabupaten Bekasi. Pemudik dari jalur ini akan bertemu pemudik dari jalur Kalimalang di wilayah Cibitung lalu menuju ke Karawang. "Biasanya selepas isya sampai dini hari, kepadatan akan meningkat," katanya.

Arus mudik pada akhir pekan ini didominasi dengan tujuan Jawa Tengah. Diperkirakan bakal ada puncak mudik lagi menjelang lebaran bagi pengguna sepeda motor. "Perkiraan besok mulai menurun, lalu meningkat lagi pada Selasa malam," kata Suryono. Mengantisipasi kemacetan pihaknya mensterilkan parkir liar di bahu jalan sepanjang jalur Kalimalang, menutup putara di median jalan, serta menambah durasi lampu hijau menuju ke Cikampek. Pihaknya juga meminta pemudik agar tidak menggunakan trotoar untuk istirahat. "Silakan istirahat di posko-posko yang disediakan atau di minimarket maupun SPBU," kata Suryono.

Di ruas Jalan Kalimalang, Hasibuan, jalur menuju ke Cikampek padat, meski demikian arus lalu lintas mudik Lebaran 2018 di wilayah ini secara umum tampak lancar. Kendaraan didominasi sepeda motor yang membawa barang bawaan di belakang khas pemudik. Tak jarang satu sepeda motor ditumpangi empat orang yaitu pasangan suami-istri dan dua orang anak.

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait