SBY Pimpin Apel Siaga Partai Demokrat, Ini Pesannya untuk Calon Kepala Daerah

TEMPO | 19 Juni 2018 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Umum Partai Demokrat, menginstruksikan semua pasangan calon kepala daerah yang diusung partainya tidak mengobral janji ketika berkampanye. Pesan politik ini disampaikan SBY sepekan sebelum hari pencoblosan pemilihan kepala daerah. “Jangan berjanji berlebihan dan muluk-muluk yang justru sulit mewujudkannya,’’ kata SBY ketika konferensi pers usai apel siaga kader Partai Demokrat di Wisma Haji Kota Madiun, Jawa Timur, Senin petang, 18 Juni 2018.

Calon pemimpin dituntut mampu membuktikan janji-janjinya dalam mensejahterakan masyarakat. “Apa yang dijanjikan, itu yang dilaksanakan. Ini etika dan moral politik dalam demokrasi dan pemilihan umum," ujar SBY, Presiden Indonesia ke-6 ini.

Susilo Bambang Yudhoyono meminta para calon kepala daerah yang diusung Partai Demokrat untuk berjiwa ksatria. Dia juga minta agar kejujuran diutamakan ketika berkompetisi dalam pemilu. Apalagi, kandidat gubernur, wakil gubernur; bupati, wakil bupati; walikota dan wakil walikota yang diusung partai berlogo mercy itu dinilai handal serta memiliki kecakapan dan kemampuan memimpin daerah.

SBY juga berharap agar aparat pemerintah, yakni birokrasi, kepolisian, intelijen dan TNI, menjaga netralitasnya dengan tidak mendukung pasangan calon dalam pemilihan umum. Terlebih, kata dia, mereka telah mengucapkan sumpah jabatan untuk tidak terlibat dalam politik praktis. “Dengan kerendahan hati saya mengingatkan kepada jajaran aparat negara tidak mengingkari sumpah jabatan. Terlebih sebagai prajurit Sapta Marga, anggota kepolisian dan intelijen negara,’’ ujar Susilo Bambang Yudhoyono.

“Saya salah satu pelaku reformasi yang ingin mengakhiri ketidaknetralan ABRI waktu itu, yang sekarang bernama TNI, Polri, dan Intelijen. Roh, jiwa dan semangat reformasi jangan dicederai," ucap dia.

Apel siaga Partai Demokrat pimpinan SBY diikuti ribuan kader dari sejumlah daerah. Semua calon kepala daerah yang diusung partai itu di Jawa Timur, juga ikut menghadiri. Di antaranya: calon Wali Kota Madiun Maidi, calon Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputra, dan calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait