Jerman Tersingkir, Ini Tim yang Dijagokan Lukman Sardi di Piala Dunia 2018

Christiya Dika Handayani | 29 Juni 2018 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lukman Sardi menyayangkan tim nasional Jerman gagal melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 yang digelar Rusia. Juara Dunia 2014 itu tumbang setelah dikalahkan Korea Selatan dengan dua gol tanpa balas.

Tapi Lukman Sardi, ayah tiga orang anak ini, senang ada tim dari negara di Asia yang berhasil lolos ke babak 16 besar. Hal ini diakui Lukman Sardi bisa menjadi pelajaran untuk Indonesia agar bisa melakukan hal yang sama.

"Sayang aja Jerman tim kualitas itu bisa kalah. Tapi senang juga ada negara Asia, Korea Selatan bisa masuk. Korea Selatan sebagai perwakilan Asia berhasil mengalahkan mantan juara dunia dengan signifikan 2-0. Itu nunjukin buat Indonesia sebenarnya kita bisa juga untuk kayak gitu," ujar Lukman Sardi yang ditemui di gala premier film Koki-Koki Cilik di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (28/6).

Kekalahan Jerman di fase grup ini seakan membenarkan istilah kutukan untuk juara piala dunia. Pasalnya, kegagalan juara bertahan lolos ini mengikuti jejak Italia dan Spanyol, juara pada dua edisi terakhir Piala Dunia.

"Tapi mungkin sudah jalannya. Cuma semacam ada kutukan mantan juara dunia itu beberapa tahun belakangan. Mulai dari Perancis, Spanyol Brazil, Itali, itu habis (menang) Piala Dunia, begitu Piala Dunia berikutnya di stage-stage awal sudah gugur," lanjut Lukman Sardi. "Itu semacam kutukan antara mau percaya atau nggak percaya, tapi itu terjadi berkali-kali," sambungnya.

Lukman Sardi juga sempat kaget lantaran tim dari negara yang tidak diunggulkan bisa masuk Piala Dunia seperti Meksiko. Ia juga tidak menyangka laga 16 besar itu justru mempertemukan Perancis dan Argentina.

"Dari sebelumnya sudah kecewa juga karena Belanda enggak masuk sama sekali. Walaupun serulah tiba-tiba ada tim lain yang ngagetin. Meksiko tuh lumayan. Cuma yang enggak enak ini Argentina sudah ketemu Perancis. Sudah kayak final. Aduh gimana ya, sayang aja Argentina lawan Perancis. Itu dua tim favorit harus ada salah satu yang tersingkir," ujar Lukman Sardi.

Lukman Sardi sendiri menjagokan Brasil dan Spanyol. Namun, ia memprediksi Spanyol yang akan keluar sebagai juara dunia tahun ini. "(Dukung) Brasil dan Spanyol. Penginnya Spanyol (juara), Inggris juga sangat menjanjikan. Setelah berapa tahun memberikan sesuatu yang berbeda," tandas Lukman Sardi.

(dika)

Penulis : Christiya Dika Handayani
Editor: Christiya Dika Handayani
Berita Terkait