Kasus OTT Adik Ketua MPR, Presiden Jokowi Minta KPK Profesional

TEMPO | 27 Juli 2018 | 18:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Jokowi berkomentar terkait operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menjaring Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan. Zainudin Hasan merupakan adik kandung Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan. Jokowi meminta KPK profesional dalam menangani kasus tersebut.

"Kami tahu KPK selalu bertindak profesional sesuai dengan kewenangannya. Itu harus kami hargai," kata Jokowi usai melantik lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Sumedang, Jawa Barat, seperti dikutip dari siaran pers Sekretariat Kerpresidenan, Jumat, 27 Juli 2018.

Zainudin Hasan bukan kepala daerah pertama yang ditangkap KPK lewat operasi tangkap tangan atau OTT. Sebelum dia sudah ada banyak kepala daerah yang tertangkap dan menjadi tersangka.

Pada kesempatan itu Jokowi kembali mengingatkan agar seluruh pejabat negara menghindari suap dan korupsi. "Saya titip kepada seluruh bupati, wali kota, gubernur, dan seluruh ASN (aparatur sipil negara) kita jangan ada yang bermain-main dengan yang namanya anggaran," ucapnya.

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan terjaring OTT oleh KPK malam tadi. Dia ditangkap bersama enam orang. KPK menduga mereka yang ditangkap terlibat transaksi suap proyek infrastruktur di Lampung Selatan.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait