Ini Dia Bocah Pramuka yang Melongo Depan Jokowi di Video Pembukaan Asian Games

TEMPO | 22 Agustus 2018 | 14:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Video opening ceremony Asian Games 2018 yang menampilkan sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi perhatian dunia. Rekaman itu menjadi video viral.

Namun, tak kalah populernya dengan Joko Widodo, adalah sosok bocah gendut mengenakan seragam pramuka yang melongo dalam rekaman video tersebut. Aktingnya dinilai sangat natural. Sosoknya ikut terangkat dalam video viral tersebut.

Adegan itu sangat menancap dalam ingatan publik. Yakni, ketika bocah berpostur gendut memegang es krim dan berjalan di urutan paling belakang saat menyeberang, Dia melongo ketika mengetahui bahwa pengendara sepeda motor yang menyeberangkan mereka adalah Joko Widodo, sang presiden. Banyak yang penasaran, siapakah yang memerankan bocah tersebut?

Dia adalah M Fairel Khalif Ramadhan, warga Kota Bekasi, Jawa Barat yang masih duduk di bangku kelas 3 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Aren Jaya, Bekasi Timur. Fairel tak ujuk-ujuk menjadi bagian dari video pembukaan ajang pesta olahraga Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Menurut orang tuanya, Susanti Oktavia, anaknya lebih dulu mengikuti casting di sebuah agensi iklan untuk Asian Games 2018. Fariel mendaftar pada pertengahan Juli lalu. Rupanya dia lolos casting, dan bisa menjadi bagian dari video opening ceremony Asian Games. "Syutingnya dua hari, 21-22 Juli," ujar Santi, Rabu, 22 Agustus 2018.

Ia cukup terkejut setelah tayangan video tersebut viral di media sosial. Dan sosok putranya juga mencuri perhatian publik. Banyak orang menggunggah potongan video Fariel ke berbagai media sosial. "Tidak menyangka bisa viral, senang dan sangat bangga," kata Santi.

Sampai-sampai Wakil Wakil Kota Bekasi terpilih periode 2018-2023 Tri Adhianto kepincut. Tri lalu mengajak Fariel untuk menyaksikan laga Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Hongkong U-23 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi pada Senin malam, 20 Agustus 2018.

Di laga terakhir babak penyisihan grup A cabang olahraga sepak bola Asian Games ini, skuat asuhan Luis Milla menang 3-1, sekaligus menjadi juara grup, dan secara otomatis lolos ke babak 16 besar.

Fairel dan Tri Adhianto yang duduk di tribun barat membuat heboh penonton. Usai menyaksikan laga itu, Fairel bersama dengan orang nomor dua di Kota Bekasi yang akan dilantik pada 20 September mendatang mengajak penonton memungut sampah yang berserakan.

"Saya mendapat laporan dari instagram, bahwa banyak sampah berserakan setiap laga Timnas," kata dia.

Karena itu, Tri mengajak Fairel yang sedang 'diburu' publik mengkampanyekan aksi peduli terhadap sampah. Soalnya, panitia penyelenggara Asian Games telah memfasilitasi tempat sampah di sejumlah sudut di kawasan stadion kebanggaan masyarakat Kota Bekasi ini.

"Masyarakat diharapkan peduli terhadap sisa-sisa sampah yang berserakan untuk membuang sampah pada tempatnya," ujar Tri.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait