dr. Reisa Broto Asmoro: Apapun Variannya, Pencegahannya Tetap Sama

Redaksi Jumat, 21 Januari 2022 09:00:16
dr. Reisa Broto Asmoro: Apapun Variannya, Pencegahannya Tetap Sama (Covid19.go.id)

TABLOIDBINTANG.COM - Disiplin menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi kunci utama dalam pencegahan penularan Covid-19, termasuk varian Omicron. "Karena apapun variannya, pencegahannya tetap sama, disiplin menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi," jelas Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro.

"Mari ketatkan lagi penggunaan masker tertutama di ruang publik dan ketika kita berinteraksi dengan orang lain, menerapkan jaga jarak, dan mencuci tangan dengan rutin, mengurangi mobilitas hanya untuk keperluan yang sangat penting saja,” ajak Reisa.

Selain tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dan mengurangi mobilitas, hal penting lain yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah dengan segera mendaftarkan diri untuk memperoleh vaksinasi. "Segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi, apapun jenis vaksinnya, semua terbukti memberikan perlindungan efektif terhadap semua varian, tidak perlu pilih-pilih merek vaksin," ajak Reisa.

Pemerintah terus berupaya mencegah dan mengendalikan penyebaran virus korona varian Omicron melalui beberapa penyesuaian kebijakan, salah satunya penyesuaian kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia.

Reisa menjelaskan, secara garis besar pemerintah mempertahankan metode PPKM Natal dan Tahun Baru (Nataru). Penyesuaian hanya pada PPKM di Jawa-Bali di mana hanya masyarakat berstatus hijau di aplikasi PeduliLindungi atau yang sudah vaksin dosis lengkap dan sehat yang diperbolehkan masuk ke tempat publik.

Inmendagri Nomor 3/2022 akan berlaku selama satu minggu dari tanggal 18 s.d. 24 Januari 2022, sedangkan Inmendagri Nomor 4/2022 berlaku selama dua minggu, dari tanggal 18 s.d. 31 Januari 2022.

Sumber: Covid19.go.id.


Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore