Juara Australia Terbuka, Roger Federer Kantongi 37 Miliar Rupiah

Indra Kurniawan | 30 Januari 2017 | 11:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Puasa gelar Grand Slam petenis asal Swiss Roger Federer akhirnya berakhir. Pada laga klasik melawan petenis asal Spanyol Rafael Nadal di final Australia Terbuka 2017, Minggu (29/1) malam waktu setempat, Federer berhasil menyabet juara setelah menang dalam pertarungan ketat 5 set 6-4, 3-6, 6-1, 3-6, dan 6-4.

Laga di Rod Laver Arena, Melbourne Park berjalan tidak mudah bagi Federer yang terakhir menjadi petenis nomor 1 dunia 5 tahun lalu. Set pertama dimenangkan Federer 6-4 dalam waktu 34 menit. Set kedua Federer tak berkutik, Nadal unggul 6-3. Federer banyak melakukan kesalahan sendiri.

Set ketiga Federer bangkit untuk menang 6-1. Set keempat menjadi milik Nadal. Mengenakan ikat kepala berwarna hitam, Nadal unggul 6-3. Jelang set kelima, Federer sempat mendapat perawatan dari tim medis. Dengan semangat pantang menyerah, Federer menyudahi perlawanan Nadal 6-3.

"Saya tak pernah menyangka berada di sini tapi saya mampu melakukannya," ucap Federer usai pertandingan. Ini gelar Australia Terbuka ke-5 bagi Federer dari enam partai final yang dilakoninya. Sebelumnya Federer juara Australia Terbuka 2004, 2006, 2007, dan 2010.

Gelar ini sekaligus semakin menasbihkan Federer sebagai pemegang gelar Grand Slam terbanyak di era terbuka dengan 18 gelar. Terakhir sebelum di Australia Terbuka Federer menang di turnamen Grand Slam Wimbledon 2012. Sejak itu prestasi Federer menurun. Ia memperlihatkan performa yang mengecewakan dalam beberapa turnamen terakhir. Peringkat Federer merosot jauh, bahkan terlempar dari 10 besar dunia.



Sebagai juara Federer berhak atas hadiah uang senilai 2,76 juta dolar Australia atau sekitar 37 miliar rupiah. Nilai itu naik 300 ribu dolar Australia dari yang didapatkan Novak Djokovic tahun lalu. Sementara Nadal membawa pulang hadiah uang sebesar 1,42 juta dolar (19 miliar rupiah).

Kekalahan dari Federer membuat Nadal yang kini berusia 30 tahun harus menunda mimpinya meraih gelar Grand Slam ke-15 sepanjang kariernya. Terakhir kali ia meraih gelar di Grand Slam Prancis Terbuka 2014. Ia sampai saat ini menjadi pemegang gelar Prancis Terbuka terbanyak dengan 9 gelar. (Ind/ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait