Sempat Menolak Jadi Model, Rizky Billar Baru Kebagian Pemeran Utama di Sinetron Bareng Amanda Manopo

Indra Kurniawan | 4 Oktober 2022 | 23:00 WIB

Rizky Billar membangun karier keartisan dari bawah. Sebelum menjadi aktor, Billar mengawali karier sebagai model.

Kiprahnya di modeling berawal ketika ia menerima tawaran sebuah agensi di Medan. Awalnya ia tolak. Setelah menggeluti model, ia pindah ke Jakarta. Kesempatan berkarier di dunia hiburan pun terbuka lebar.

“Awalnya saya tolak karena enggak percaya diri, merasa enggak cocok jadi model. Dua tahun setelah menjadi model, saya pindah ke Jakarta. Di Jakarta, saya ikut bermacam audisi, mulai sinetron sampai film, dan alhamdulillah dapat,” kata Billar yang berulang tahun saban 12 Juli.

Debut akting Billar dimulai lewat film Miss Call (2015). Setelahnya ia mencicipi akting sinetron berjudul Restu Bumi, yang dibintangi Verrell Bramasta, Yuki Kato, dan Giorgino Abraham.

“Sinetron pertama saya berjudul Restu Bumi tapi enggak tayang. Kecewa pastinya. Padahal syuting promonya dilakukan di luar kota. Apalagi pemain-pemainnya bagus semua. Tuhan punya rencana lain. Sinetronnya enggak tayang, akhirnya saya main ke judul lain,” sambung Billar.

Kesempatan Billar menjadi pemeran utama akhirnya datang di tahun kelima berkiprah sebagai pemain sinetron. Oleh MNC Pictures, Billar digaet untuk akting dalam sinetron Ada Dua Cinta yang tayang perdana di RCTI pada 22 Maret 2018.

“Baru kali ini saya jadi pemeran utama. Sebelumnya main sinetron sebagai pemain pendukung. Kesempatan yang luar biasa jadi pemeran utama dan memerankan sosok Bimo jadi beban tersendiri buat saya. Awalnya ada kesulitan tapi lama-kelamaan saya enjoy,” beri tahu pendukung sinetron Rajawali, Anak Jalanan, dan Jinny Oh Jinny Datang Lagi.

Dua tantangan dihadapi Rizky Billar dalam memerankan Bimo di Ada Dua Cinta. Di satu sisi ia harus mendalami peran Bimo yang bertolak belakang dengan karakter aslinya. Di sisi lain ia harus cepat beradaptasi dengan pemain utama lain seperti Amanda Manopo dan Syifa Hadju.

“Saya sebenarnya menggantikan pemain lain yang sudah dipersiapkan. Alhamdulillah saya dipercaya memerankan Bimo yang sosoknya cuek dan diidam-idamkan banyak wanita. Awalnya, sih ada kesulitan tapi lama-kelamaan saya menikmati peran Bimo. Apalagi chemistry antara saya, Amanda, dan Syifa mulai terbangun. Hubungan kami mulai mencair. Di luar set kami banyak mengobrol dan bercanda,” jelas pemilik nama lengkap Muhammad Rizky Billar.

Ada Dua Cinta adalah sinetron yang menghadirkan kisah cinta segi tiga berbalut konflik keluarga ini tidak pernah terlempar dari posisi 20 besar, dengan pencapaian tertinggi posisi ke-7.

“Ada pesan moral juga buat penonton. Dari sosok Bimo misalnya, walaupun dia ganteng dan keren tapi dia enggak playboy. Itu harus dicontoh. Soalnya, banyak yang biasa saja (tampangnya) tapi gayanya sok playboy,” tukas Rizky.

Kisah sinetron Ada Dua Cinta sendiri berakhir bahagia. Pada episode terakhir, Mecca (Amanda) akhirnya menemukan kebahagiaannya bersama Bimo. Setelah Ada Dua Cinta, Billar mendapat peran di beberapa sinetron, salah satu yang fenomenal adalah Jodoh Wasiat Bapak Babak 2. (Ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait