Ibnu Jamil Mengajak Anak Menyatu dengan Alam

Wayan Diananto | 10 Oktober 2016 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ibnu Jamil (34) punya cara sendiri untuk mendidik anak.

Salah satunya, tidak terlalu sering mengajak si kecil ke pusat perbelanjaan alias mal. Menurut Ibnu Jamil, mal dan ingar bingar Jakarta terlalu mainstream. Uang dan waktu tidak harus dihabiskan di mal. Ada banyak cara membuat si kecil senang. Ibnu mengajak anaknya, Dhofin Maula Jamil, menyatu dengan alam.

“Kemarin saya naik gunung. Saya coba ajak anak berkenalan dengan alam. Alhamdulillah ketika saya tanya, dia suka dengan kegiatan hiking yang kami jalani bersama. Saya pikir, mumpung alam masih bersahabat dengan manusia. Mumpung, pegunungan kita berlum terpapar polusi,” ujar Ibnu kepada tabloidbintang.com di Fatmawati, Jakarta Selatan, pekan lalu.

Kebijakan ini ditempuh Ibnu Jamil seiring dengan bergemanya kampanye go green dan isu ramah lingkungan beberapa tahun terakhir. Rasa cinta terhadap alam, kata Ibnu, harus ditanamkan di hati manusia sejak mereka masih kanak-kanak. Kalau kegiatan hiking terasa mahal, ada cara lain yang bisa dilakukan. Misalnya, memanfaatkan lahan terbatas di rumah sendiri untuk ditanami. Yang penting, anak merasa fun dengan kegiatan “menyentuh tanah”.
    
“Mungkin terdengar klise tapi saya perlu ingatkan ini: buang sampah pada tempatnya. Alam harus disayang. Kalau alam disayang, alam juga akan menyayangi kita. Kalau ada bencana mungkin salah satu faktornya ya ulah kita sendiri,” Ibnu Jamil menukas.

(wyn/ray)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait