Kesal Dibilang Musyrik, Roro Fitri Mengaku Taat Salat 5 Waktu

Supriyanto | 14 September 2017 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Roro Fitria sering terlihat menjalani ritual yang dinilai menyimpang dari ajaran Islam. Mulai dari semedi di dalam gua, hingga menyimpan banyak pusaka yang diyakini berpenghuni.

Meski diakui dirinya menganut aliran islam kejawen, Roro Fitria tidak terima jika apa yang dijalani dianggap musyrik atau menyekutukan Tuhan. Roro mengaku selama ini dirinya taat ibadah dan mempercayai adanya Allah serta Nabi Muhammad.

"Saya enggak suka kalau dibilang musyrik, karena saya masih salat 5 waktu. Lebih tepatnya saya itu Islam kejawen," ungkap Roro Fitria di Trans TV, Jl. Tendean, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Artis seksi pemain film Gunung Kawi itu menerangkan Islam kejawen yang diperyainya.

"Kan Islam pertama kali dateng itu udah ada kulturasi antara Islam, Hindu, dan lain-lain. Saya suka ziarah ke makam Wali Songo itu semua saya lakukan secara ikhlas, rela dan tidak ada paksaan. Saya bersyukur diberi komitmen yang tinggi dan keteguhan iman untuk selalu menjalankan ritual budaya itu. Ini lebih ke budaya, bukan musyrik," ungkap Roro Fitria.

Mengenai sesaji dan semedi di tempat-tempat khusus, Roro Fitria juga menjelaskan panjang lebar.

"Kenapa harus ada sesaji? Itu karena sesuatu hal yang merupakan energi metafisika,  enggak bisa dinalar oleh pikiran ya. Tidak ada orang yang biaa memberi penjelasan secara logika karena ini bicara soal energi. Yang jelas, pertama kali saya berdoa tentu untuk Allah, baru untuk leluhur-leluhur saya, kanjeng roro kidul, dan sebagainya. Jadi, lebih ke budaya aja, sih."

(pri/ari)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait