Tino Saroengallo Meninggal, Dua Tahun Berjuang Melawan Kanker

TEMPO | 27 Juli 2018 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tino Saroengallo, sutradara sekaligus aktor senior Indonesia, meninggal pada hari Jumat, 27 Juli 2018. Tino Saroengallo meninggal pada pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB akibat kanker kandung kemih.

Riri Riza, sutradara sekaligus rekan kerja Tino mengatakan bahwa pria yang berumur 60 tahun tersebut sudah menderita kanker sejak dua tahun. “Beliau sudah menderita kanker sejak dua tahun yang lalu. Dia sempat dirawat di rumah sakit dua minggu, setelah seminggu dirawat ia minta untuk pulang, dirawat di rumah saja,” kata Riza saat dihubungi Tempo.co melalui telepon, Jumat, 27 Juli 2018.

Sebelum Tino Saroengallo meninggal, Riri Riza sempat menjenguk di rumah sakit yang terletak di Kawasan Pondok Indah. “Saya sudah sempat jenguk, dia itu seorang survivor,” tambah Riza.

Tino Saroengallo mulai menggeluti dunia film sejak tahun 90 an, sebelum menggarap film layar lebar. Dia pernah memproduksi sebuah film pendek sejarah Indonesia yang berjudul “Student Movement in Indonesia: they forced them to be violent” karya tersebut mendapatkan penghargaan internasional sebagai film pendek terbaik di Asia Pacific Film Festival ke 47 di Korea Selatan.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait