Olla Ramlan Sudah Belasan Tahun Mendengar dengan Satu Telinga Saja

Agestia Jatilarasati | 29 September 2018 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Olla Ramlan (38) mengalami gangguan pendengaran atau ketulian pada telinga sebelah kanan. Bertahun-tahun menyembunyikan, baru pada Agustus lalu ia mengumumkan fakta mengejutkan tersebut melalui Instagramnya. Apa penyebabnya dan efek apa yang ditimbulkan?

Olla saat bertandang ke kantor Bintang, pekan lalu, bercerita ketulian yang ia alami disebabkan oleh cedera akibat latihan bela diri semasa remaja. 

"Waktu remaja, sekitar tahun 1996 sampai tahun 2000-an, saya suka banget latihan bela diri seperti pencak silat, cimande, jiu jitsu, dan  jeet kune do. Nah pada saat itu saya latih tanding sama anak laki dan pukulannya itu benaran, makanya mungkin saya cedera namun tidak terasa saat itu. Baru beberapa tahun kemudian cedera itu terakumulasi menjadi sudden deafness (tuli mendadak) di telinga sebelah kanan saya,” terangnya.

Sejak mengetahui mengidap penyakit tuli mendadak, Olla melakukan berbagai macam pengobatan untuk memulihkan indra pendengarannya. Ia bahkan mengaku sempat takut melakukan perjalanan udara dengan pesawat karena khawatir akan memperparah keadaan telingannya.

“Saya sudah mencoba berbagai macam pengobatan seperti melakukan serangkaian terapi pendengaran, akupunktur sampai terapi hiperbarik,” jelas wanita yang berulang tahun setiap 15 Februari.

Hasilnya, tanda-tanda kesembuhan sampai sekarang tidak kunjung datang. “Apakah bisa sembuh atau enggak, hanya Allah yang tahu karena saya sudah melakukan berbagai macam pengobatan dan hingga kini belum berhasil juga. Makanya kalau suatu hari nanti ternyata pendengaran saya kembali, itu mukjizat,” Olla menyatakan.

Ibu tiga anak ini belakangan mengenakan alat bantu pendengaran agar bisa mendengar dengan lebih baik. Tidak nyaman, terlebih selama belasan tahun ia terbiasa mendengar dengan satu telinga saja. 

"Ketika memakai alat bantu pendengaran jadi lebih sensitif dengan suara. Kadang berdengung juga. Makanya enggak setiap saat saya pakai alat bantu pendengaran,” akunya.

Olla tak ingin kekurangannya tersebut menghalanginya untuk berkarya. Ia tetap bisa melakukan berbagai kegiatan di dunia keartisan meski hanya bisa mendengar dengan satu telinga. Seperti saat ini untuk pertama kalinya Olla terjun ke dunia film dengan bermain film bergenre horor, Sakral.

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait