Kalah Populer dari Aa Gym, Ridwan Kamil : Memang Saya Belum Terkenal

TEMPO | 3 November 2017 | 09:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) popularitas Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat masih kalah dari ulama Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dan sejumlah figur lainnya. Menanggapi itu, Ridwan Kamil mengaku tidak terlalu risau.

"Memang saya belum terkenal. Jadi, lebih baik kurang terkenal tapi elektabilitas tinggi, dibandingkan popularitas elektabilitas rendah," ujar Wali Kota Bandung tersebut saat ditemui di Pendopo, Kamis (2/11).

Berdasarkan hasil survei tersebut, Ridwan Kamil baru dikenal oleh 77 persen. Angka itu masih kalah dikenal dibanding Desy Ratnasari dan Dede Yusuf, yang memperoleh angka 87 persen.

Meski demikian, sebanyak 16,8 persen responden menyatakan akan memilih Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat. Angka ini unggul jauh dari nama lainnya, seperti Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar yang memperoleh dukungan sebesar 3,8 persen, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi 2,2 persen, dan ulama Abdullah Gymnastiar 1,5 persen.

Ridwan Kamil mengaku dirinya masih kurang populer di kawasan Pantai Utara Jawa Barat. Untuk itu, ia akan terus menggenjot sosialisasi di kawasan tersebut.

"Memang di Pantura saya kurang banyak (populer). Mulai dari Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang. Daerah itu kita kuatkan untuk sosialisasi," kata Ridwan Kamil.

SMRC melakukan survei terhadap 820 responden di Jawa Barat pada 27 September hingga 3 Oktober 2017. Metode yang digunakan yakni multi-stage random sampling dengan margin of error 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait