Arini Subianto, Wanita Terkaya Indonesia yang Juga Pecinta Buku

TEMPO | 5 Desember 2017 | 22:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Arini Subianto pernah dikenal karena kecintaannya pada buku. Kini Arini Sarraswati Subianto menjabat sebagai direktur utama perusahaan induk keluarganya, Persada Capital Investama, dan membuatnya jadi wanita terkaya di Indonesia.

Arini Subianto mengambil alih kendali perusahaan multijuta dolar Benny Subianto setelah ayahnya itu meninggal dunia pada Januari 2017. Sebagai anak perempuan tertua, Arini yang berumur 47 tahun mengawasi investasi Persada dalam berbagai macam hal, mulai produk pengolahan kayu dan minyak sawit hingga pengolah karet dan batu bara.

Dilansir dari Forbes, Benny Subianto pernah mengatakan bahwa dia menginginkan setidaknya satu dari tiga putrinya mengambil alih bisnisnya. Keinginan tersebut terwujud pada saat Arini Subianto mengambil alih perusahaan keluarga. Jumlah kekayaannya mencapai sekitar Rp 11 triliun dan Arini berada di peringkat ke-37 terkaya di Indonesia dan mendapat gelar wanita terkaya di Indonesia.

Ibu dua anak ini tidak asing dengan dunia bisnis. Setelah mendapatkan gelar S1 dari Parsons School of Design dan S2 di Fordham University di New Yok, Amerika Serikat, Arini Subianto membuka toko hadiah dan furnitur di Jakarta. Dua tahun kemudian, dia menggabungkan toko kecilnya dengan toko buku tetangga, Aksara, bersama teman SMP-nya, Winfred Hutabarat.

"Kami memutuskan untuk membangun sesuatu yang unik di Jakarta, membawa pulang pengalaman retail yang kami dapatkan di AS," kata Arini, seperti dikutip di Forbes.

Arini Subianto memang dikenal sebagai sosialita. Namun bersama Aksara ia telah menunjukkan keterampilan bisnisnya. Aksara kini memiliki tiga lokasi di Jakarta, menjadi tempat yang menjual berbagai macam barang, mulai dari buku-buku asing hingga CD dan hadiah.

Adik perempuan bungsunya, Ardiani, ibu rumah tangga berumur 40 tahun dan sekarang bekerja untuknya di Persada. Sementara saudara yang lain, Armeilia, yang berumur 44 tahun, menjalankan bisnis desain grafis sendiri.

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait