Begini Karier Zumi Zola di Dunia Hiburan Hingga Menjadi Gubernur Jambi

Abdul Rahman Syaukani | 1 Februari 2018 | 06:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Zumi Zola mengawali karier dari dunia keartisan di industri hiburan Tanah Air. Selain menjadi pemain sinetron, dia juga ikut terlibat dalam sejumlah film. 

Beberapa film yang pernah dibintangi Zumi Zola. Diantaranya; film berjudul Kawin Laris, Disini Ada Setan dan Merah Putih. Zumi Zola juga bermain dalam sejumlah sinetron. Yaitu Surga Untukmu, Cowok-cowok Keren, Bawa Merah Bawang Putih, Culunnya Pacarku dan yang lainnya.

Sebelum terjun dunia sinetron dan film, Zumi Zola pernah mengikuti ajang pemilihan Abang None Jakarta mewakili daerah Jakarta Selatan, pada 2001. Tak lama setelah itu dia fokus terjun ke dunia hiburan dengan bermain sejumlah sinetron dan film. Zumi Zola diketahui sempat beradu akting dengan Agnez Mo lewat sinetron Ku Tlah Jatuh Cinta.


 
Soal urusan asmara, Zumi Zola pernah berpacaran dan bertunangan dengan Ayu Dewi. Namun sayangnya rencana pernikahan mereka yang sudah di depan mata, yang rencananya bakal dilangsungkan pada Mei 2011, dibatalkan secara sepihak oleh Zumi Zola hanya lewat SMS. 

Zumi Zola membatalkan pernikahannya dengan Ayu Dewi tak lama setelah dia terpilih sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur.

Pada 16 Maret 2012, Zumi Zola menikah dengan anak dari presenter TVRI Tengku Malinda, Sherrin Tharia. Mereka kabarnya  sudah saling kenal sejak 4 tahun sebelum memutuskan menikah. Dari hasil pernikahan ini, mereka dikaruniai 2 orang anak masing-masing bernama Zameer Zahid Abyadh Zola dan Zhafran Ziyadh At-Thahirah Zola.

Karier politik Zumi Zola dimulai saat dia menjadi Ketua DPD PAN Tanjung Jabung Timur periode 2010-2015 dan Ketua Barisan Muda Penegak Amanat Nasional 2010-2015.

Pada 2011 silam, Zumi Zola yang kala itu berpasangan dengan Ambo Tang, berhasil memenangkan pertarungan dalam Pilkada Tanjung Jabung Timur. Awalnya dia sempat diremehkan karena berasal dari kalangam artis. Namun darah politik yang mengalir dari ayahnya, Zulkifli Nurdin ( Gubernur Jambi dua periode), berhasil membuktikan kalau Zumi Zola memang cukup tangguh. 

Di akhir masa jabatan sebagai bupati, Zumi Zola mencalonkan diri sebagai Gubernur Jambi, berpasangan dengan Fachrori Umar. Nasib mujur kembali menghampirinya. Terbukti Zumi Zola  terpilih menjadi Gubernur Jambi periode 2016-2021.

Zumi Zola kala itu mencalonkan diri menjadi Gubernur Jambi didukung sejumlah partai. Diantaranya partai PAN, Nasdem, Golkar, Hanura, PKB, PBB, dan PPP.  Zumi Zola resmi dilantik sebagai Gubernur Jambi oleh Presiden Jokowi pada 12 Februari 2016 di Istana Negara, Jakarta.

Dan kini Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus suap RAPBD Jambi 2018 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rumahnya di Jambi juga digeledah oleh penyidik lembaga anti rasuah itu. 

Inikah akhir dari karier politik Zumi Zola? Mari kita nantikan saja.

(man / wida)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait