Donnie Sibarani Turunkan Bobot 19 Kg Demi Solo Karir

Wayan Diananto | 17 Maret 2018 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kami pangling saat bertemu mantan vokalis Ada Band, Donnie Sibarani (37) di Hard Rock Cafe Jakarta, pekan lalu. Postur tubuhnya tampak kurus.

Rupanya, pelantun “Jadikan Aku Raja” itu menurunkan berat badan 19 kg dalam 1,5 bulan. Transformasi fisik ini menandai babak baru karier Donnie sebagai solis. Apa yang hendak dicapai Donnie dengan tubuh barunya?

Pertengahan tahun lalu, bobot Donnie mencapai 99 kg. Ia ditantang istri dan manajemen menjalani diet dan olahraga.

“Saya hanya makan sekali pada sore hari dengan jumlah kalori tidak lebih dari 500 kalori. Selebihnya olahraga. Seminggu pertama badan panas dingin, berkeringat, dan kepala pening,” cerita Donnie kepada Bintang.

Disinggung soal nama diet, Donnie mengaku tidak tahu. Diet itu direkomendasikan manajemen setelah melewati sejumlah riset. 

Sebelum menurunkan berat badan, penyanyi kelahiran 14 Juli ini menjajal semua jenis diet termasuk OCD dan diet mayo. Yang belum dicoba Donnie hanya diet keto. Diet ini, menurut Donnie, tidak memantang makanan tertentu kecuali gula dan garam. Ia juga tidak memantang kopi selama dihidangkan tanpa gula.

Menurutnya, kopi pahit pembakar lemak alami. Teknik menggerus lemak dengan kopi pahit mengingatkan kita pada gaya diet artis Randy Pangalila.

“Saya minum kopi pahit untuk membakar lemak secara alami. Sejak tahun lalu saya tidak bisa jajan bakso, mi ayam, dan kawan-kawan. Saya punya satpam yang mengawasi pola makan saya. Dia adalah istri saya,” seloroh Donnie seraya melirik istri, Sonya Prischillia, yang berdiri di sampingnya. Pertanyaan yang muncul kemudian, apa rasanya hanya makan sekali sehari?

“Minggu pertama saya memulai diet, setiap malam saya tersiksa. Gambar ayam goreng, bakso, mi ayam berputar-putar di kepala saya. Sepertinya enak banget,” kenangnya.

Lagi, Donnie menambahkan, “Untuk olahraga, saya mengangkat ban yang besarnya seukuran ban truk dan latihan functional. Waktu latihan saya membatin, 'Saya membayar mahal kok, malah dijadikan kuli di sasana begini.' Habis latihan, perut dan paha rasanya sakit semua.”

Satu setengah bulan (Oktober hingga November 2017) berlalu, hasilnya mulai tampak. Perut adik ipar Jonas Rivanno ini rata, lengannya terbentuk, pipinya tampak tirus sekaligus kencang. Ini membuatnya bungah.

Donnie bilang, melangsingkan tubuh bukan untuk gaya-gayaan. Efek yang dirasakan, daya tahan tubuh menguat, tidak gampang sakit, dan napas lebih panjang. 

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait