Begini Asal Muasal Jargon Mak Nyus Bondan Winarno

- | 29 November 2017 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketika memandu program Wisata Kuliner Trans TV, Bondan Winarno identik dengan jargon mak nyus. Menurut Bondan, kata tersebut terinspirasi dari penulis dan budayawan Umar Kayam. Lantas kenapa kata itu yang muncul?

"Di awal syuting, saat merasakan makanan yang enak, kata-kata itu tiba-tiba muncul. Lalu saya putuskan kata mak nyus hanya akan digunakan untuk makanan yang rasanya sangat istimewa. Sekarang ke mana pun saya pergi saya dipanggil Pak Mak Nyus," jelas ayah 3 anak ini dalam wawancara dengan tabloid Bintang Indonesia pada 2007 lalu. 

Sempat ada yang mengkritiknya, kenapa semua makanan rasanya dibilang mak nyus, padahal kan belum tentu makanan yang dicobanya punya rasa enak. Soal kritikan itu, Bondan Winarno menjawab: "Kalau mereka teliti dan menonton setiap episode, mereka akan tahu tidak setiap episode ada kata-kata mak nyus-nya. Pernah syuting selama 2 hari enggak ada mak nyus-nya. Produser sampai bertanya-tanya," ujar Bondan Winarno terkekeh. 

Bila diperhatikan, Bondan memang memuji keenakan makanan dengan kata-kata yang variatif; ada makanan yang diberi predikat cakep, istimewa, sedap atau bagus, tapi semua pujian itu berarti masih berada di bawah kelas mak nyus. 

Bondan Winarno wafat pada Rabu (29/11) ini. Ia wafat di Rumah Sakit Harapan Kita. 

 

Penulis : -
Editor: -
Berita Terkait