"Athirah" Jadi Film Terbaik FFI 2016, Apa Komentar Jusuf Kalla?

TEMPO | 8 November 2016 | 05:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Athirah meraih penghargaan kategori Film Terbaik di ajang Festival Film Indonesia 2016.

Film itu menceritakan kisah hidup ibunda Jusuf Kalla. Bagaimana komentar JK mengenai penghargaan tersebut?

Jusuf Kalla mengapresiasi kru film Athirah. "Film ini dibuat dengan penuh perasaan oleh Riri Riza (sutradara) dan Mira Lesmana (produser)," ujar dia, saat berada di pesawat Kepresidenan dari Nusa Dua ke Jakarta, Senin, 7 November 2016.

Film Athirah meraih penghargaan sebagai film terbaik dalam malam penganugerahan FFI 2016 yang berlangsung di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Ahad, 6 November 2016.

"Saya memberikan penghargaan pada produser, sutradara, dan seluruh pemain film Athirah," ucap Kalla.

Ia mengatakan Athirah adalah film yang menggambarkan kehidupan ibunya. Menurut dia, ada pelajaran yang bisa dipetik dari film itu, khususnya bagi perempuan. Pelajaran itu, kata Kalla, perempuan tidak perlu kecewa meskipun menghadapi masalah rumah tangga.

Dalam hidupnya, Athirah adalah perempuan yang dimadu suami. Perempuan itu tetap tegar dan bekerja menjual kain. Sikap itulah yang membuat anak-anak Athirah meraih sukses, di antaranya Jusuf Kalla.

Kalla mengatakan, setiap perempuan tentu punya persoalan berbeda. Film Athirah memberi pelajaran tentang ketegaran seorang perempuan yang bisa dilakukan dalam menghadapi situasi apa pun. "Ini contoh bagaimana seorang ibu yang begitu tabah, bekerja keras, tapi tetap bekerja menjaga keluarga," kata dia.

Athirah menyisihkan empat nomine lain dalam kategori film, yakni Rudy Habibie (Produser : Manoj Punjabi, Produksi: MD Pictures) Aisyah, Biarkan Kami Bersaudara (Produser: Hamdani Koestoro, Produksi: Film One Production); Salawaku(Produser: Ray Zulham dan Mike Julius, Produksi: Kamala Films); dan Surat dari Praha (Produser: Glenn Fredly, Angga Dwimas Sasongko, dan Anggia Kharisma, Produksi: Visinema Pictures).

Film Athirah juga merebut kategori Sutradara Terbaik (Riri Riza) dan Pemeran Utama Wanita Terbaik (Cut Mini).

 

TEMPO.CO

 

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait