Setelah Preman Pensiun 2 Tamat, Apa Acara TV Peraih Rating Nomor 1?

Panditio Rayendra | 7 Agustus 2015 | 15:17 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - BULAN Ramadhan kemarin, sinetron Preman Pensiun 2 menjadi penghuni puncak klasemen perolehan rating.

Cerita yang segar, akting pemain yang semakin natural, penasaran dengan karya terakhir Didi Petet, serta jam tayang yang menjelang buka puasa membuat sinetron ini kian kokoh menjadi rating nomor 1. RCTI bahkan menayang ulang di jam sahur, dan mendapat rating yang tinggi, stabil di 5 besar.

Singkat kata, selama masa tayangnya tak ada program yang mampu menandingi Preman Pensiun 2 baik di jam sahur atau buka puasa. Selisih dengan program lainnya pun cukup jauh. Ambil contoh tanggal 1 Juli 2015. Preman Pensiun 2 mendapat TVR 4,9. Sementara di bawahnya ada Adit & Sapo Jarwo dengan TVR 4,5 (SES ABC).

Namun seminggu setelah Lebaran, Preman Pensiun 2 tamat. RCTI langsung menayangkan ulang Preman Pensiun 2. Ratingnya memang tak lagi nomor 1. Tapi untuk ukuran rerun tetap terbilang bagus karena stabil di 10 besar. Lalu program apa yang kini menghuni posisi 1?

Belum ada yang stabil. Di pekan terakhir Juli, kami ambil contoh tanggal 27 Juli 2015, posisi 1 dihuni Jodha Akbar dengan TVR 4,4. Sementara di posisi 2 ada Ashoka dengan TVR 4,2 dan disusul Tukang Bubur Naik Haji dengan TVR 4,1. Selisih yang sangat tipis. Jodha Akbar tidak terlalu lama menghuni posisi 1 (SES ALL).

Tapi Rabu dan Kamis, 29-30 Juli, posisi 1 direbut Tukang Bubur Naik Haji. Data Estimasi SES ABC 30 Juli bahkan menunjukkan TBNH dan Ashoka yang ada di posisi 2, sama-sama mendapat TVR 4,6.

Selasa (4/8), tiba-tiba Cinta di Langit Taj Mahal merangsek naik ke posisi 1 dengan TVR 4,0. Lagi-lagi menang tipis dengan program penghuni posisi 2, Aku Anak Indonesia yang meraih TVR 3,9. Faktor kejahatan Priti yang terbongkar, serta terkuaknya hubungan ayah-anak Razak Abdurrahman dan Najwa, berhasil membuat CDLTM kembali jadi posisi 1.

Sementara Rabu dan Kamis, 5 dan 6 Agustus, Tukang Bubur Naik Haji kembali jadi posisi 1.

Hal ini menunjukkan, belum ada program sestabil dan sekuat Preman Pensiun 2 pasca sinetron garapan MNC Pictures itu tamat. Memang tidak mudah membuat program yang membuat penonton terhipnotis. Mungkin perlu ada program baru yang membuat penonton jatuh cinta dan langsung mendominasi dari segi jumlah penonton. 

Mulai 10 Agustus besok, SCTV yang primetime-nya kalah dengan RCTI dan ANTV, meluncurkan dua sinetron baru sekaligus: High School Love Story dan Pangeran. SCTV punya track record menayangkan sinetron baru langsung posisi 1. Ganteng Ganteng Serigala misalnya, sejak debut langsung posisi 1 dan stabil sampai enam bulan berikutnya. Lain cerita dengan Madun. Pekan pertama berada di posisi 1, tapi setelah sebulan mulai melempem dan kerap tak masuk 5 besar.

Kalau salah satu sinetron SCTV ini langsung posisi 1, artinya TV lain harus waspada. Tapi kalau tidak, artinya program lama seperti TBNH, Ashoka, Jodha Akbar atau AAI yang akan bergantian memuncaki data kepemirsaaan. Tergantung cerita / konflik apa yang ditawarkan pada episode tersebut.

(ray/yb)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait